detikfinance

Produksi Terganggu, Harga Cabai dan Gula Naik Tinggi

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Sabtu, 23/06/2012 11:46 WIB
//images.detik.com/content/2012/06/23/1036/cabai1dalam.jpg
Jakarta -Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Gunaryo menjelaskan harga gula pasir dan cabai saat ini di pasar mengalami kenaikan yang paling tinggi dibandingkan bahan kebutuhan pokok lainnya.

Menurutnya, kenaikan cabai diakibatkan oleh terganggunya proses produksi cabai di sentra penghasil.

"Cabai itu karena berkurangnya pasokan dari sentra produksi dan hasil panen tidak banyak," ungkap Gunaryo pada acara Pasar Murah PPI Peduli 2012 di Wisma ITC Perdagangan, Jakarta, Sabtu (23/6/2012).

Selain, terkait harga gula yang telah menyetuh Rp 12.500/kg, Gunaryo menilai, masa giling pabrik gula ternyata tidak terlalu berpengaruh karena hasil giling pabrik gula ternyata lebih sedikit daripada tahun lalu.

Menurutnya, hal tersebut berdampak terhadap pasokan yang sedikit berkurang dan tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat yang tinggi.

"Kalau gula memang musim giling. Tapi hasilnya lebih dikit dari tahun lalu seperti lelang yang hasilnya lebih dikit," tutup Gunaryo.

(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Selasa, 30/09/2014 08:17 WIB
    Muda dan Cantik, Ini Miliuner AS Berharta Rp 49 Triliun
    Jajaran perempuan yang masuk daftar 400 orang terkaya AS versi Forbes didominasi oleh mereka yang berumur 45 tahun ke atas. Namun ada satu perempuan muda nan cantik yang masuk daftar orang terkaya di AS.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close