detikfinance

Mana Lebih Mahal, Harga Tanah di Menteng atau Pondok Indah?

Suhendra - detikfinance
Jumat, 06/07/2012 09:50 WIB
Mana Lebih Mahal, Harga Tanah di Menteng atau Pondok Indah?
Jakarta -Di Jakarta harga tanah secara umum paling tinggi dibandingkan kawasan lainnya di sekitarnya. Namun ada beberapa kawasan yang menjadi lokasi tanah termahal di Jakarta antaralain Kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan dan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Lalu kawasan manakah yang harga tanahnya lebih mahal?

Indonesia Property Watch (IPW) pada awal tahun 2012 menyatakan harga tanah di Menteng tahun 2011 relatif berada dikisaran Rp 20-30 juta per meter persegi.

"Memang untuk Menteng masih yang tertinggi khususnya Menteng Lama, Rp 20-30 juta," kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda beberapa waktu lalu.

Ali menuturkan kawasan residensial dengan harga tanah termahal setelah Menteng pada tahun lalu adalah kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Harga tanah di kawasan ini relatif bisa mencapai Rp 15-20 juta per meter persegi.

Setelah Pondok Indah, menurut Ali ada kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, harga tanah untuk perumahan di kawasan ini bisa mencapai Rp 15 juta per meter persegi.

"Harga tanah untuk perumahan ini, sifatnya nggak absolut, mungkin beberapa tahun lagi kawasan Kelapa Gading bisa menyalip Pondok Indah, karena Kelapa Gading tercatat geliat pembangunan mengalami pertumbuhan tinggi," katanya.

Namun kondisi terkini dari perkembangan harga tanah khususnya di Pondok Indah justru mengalami pertumbuhan pesat.

Menurut catatan perusahaan broker Century21 harga tanah di kawasan perumahan Pondok Indah, Jakarta Selatan selama satu tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan menjadi Rp 30 juta-Rp 35 juta per m2 dari tahun lalu rata-rata yang hanya Rp 15 juta per meter persegi.

Peningkatan harga ini disebabkan suplai yang menipis sementara pasokan baru sudah tidak ada. Para penjual yang ingin menjual rumahnya pun, menetapkan harga dengan suka-suka alias semaunya.

"Sekarang nggak ada patokan harga. Suka-sukanya penjual. Dulu masih ada patokan harga Rp 12,5 juta-Rp 15 juta per m2. Sekarang sudah ada pada kisaran Rp 30 juta-Rp 35 juta per m2," kata Associate Manager Century21 Gracia Maria Elisabeth.


(hen/ang)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut