detikfinance

Tanggung Jawab Besar Jadi Dasar DPR Sepakat Menaikkan Gaji Hakim

Ramdhania El Hida - detikfinance
Rabu, 11/07/2012 15:35 WIB
Halaman 1 dari 3
//images.detik.com/content/2012/07/11/4/153741_184510hakim.jpg
Jakarta -Dalam kebijakan anggaran di 2013 mendatang, DPR dan pemerintah sepakat untuk melakukan penyesuaian gaji hakim. Namun, mengenai besaran kenaikan gaji tersebut akan ditentukan pemerintah dalam pembahasan APBN 2013 mendatang.

"Gaji hakim bakal disesuaikan. Dari rapat kemarin itu, kita tidak menentukan besarnya tapi gaji hakim akan disesuaikan," ujar Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Djoko Udjianto kepada detikFinance, Rabu (11/7/2012).

Menurut Djoko, alasan kenaikan gaji hakim ini karena besarnya beban tanggung jawab hakim dalam menegakkan keadilan. Dengan adanya permintaan dari pemerintah, maka rencana kenaikan gaji ini pun disambut baik oleh DPR.

"Soal hakim ini kan profesi yang betul-betul harus menegakkan hukum, tapi kita harus merespons apa yang diminta pemerintah untuk menyesuaikan gaji hakim. Jadi intinya sepakat untuk menyesuaikan kepada pemerintah," paparnya.

Mengenai rumusan kenaikan gaji, Djoko menyatakan tidak akan seperti PNS yang mendapatkan kenaikan gaji hampir setiap tahun.

"Saya rasa tidak begitu (naik setiap tahun seperti PNS), rumusnya belum tahu tapi saya rasa pemerintah punya perhitungan khusus bagaimana menaikkan gaji seorang hakim," tandasnya.

Seperti diketahui, kurang lebih 50 hakim daerah mendatangi Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada 10 April lalu. Tujuan mereka untuk bertemu dengan Komisi III yang membidangi hukum. Mereka menuntut perbaikan kesejahteraan. Mereka mengaku mewakili 4 ribu hakim se-Indonesia. Bahkan mereka mengancam akan mogok sidang jika tuntutan tersebut tidak dipenuihi.Next

Halaman 123
(nia/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close