detikfinance

5 Tokoh Terkenal Ini Hilang Misterius

Rachmadin Ismail - detikfinance
Jumat, 13/07/2012 15:57 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 4 dari 6 Next »

3. Wiji Thukul

http://us.images.detik.com/content/2012/07/13/10/155123_kulariyurinowordpress.jpg (dok ariyurino.wordpress.com)

"Maka hanya ada satu kata: lawan!" Demikian petikan puisi berjudul 'Peringatan' karya Wiji Thukul pada tahun 1986 di masa rezim Orde Baru.

Wiji adalah seorang aktivis yang juga budayawan. Dia banyak menulis puisi, karya musik dan mendirikan sebuah grup teater. Karya-karyanya cukup kritis, terutama menyangkut masalah HAM dan tirani orde baru.

Pria kelahiran 23 Agustus tahun 1963, itu hingga kini adalah sosok yang masih terus dicari keberadaannya. Dia hilang misterius saat kerusuhan tahun 1998 meletus.

Thukul yang tergabung dalam Partai Rakyat Demokratik (PRD) itu menjadi salah satu pengorganisir demo buruh di Indonesia. Saat aksi tahun 1995, dia sempat menjadi korban kekerasan aparat.

Pada tahun 1998, Thukul menghilang. Kontak terakhirnya dia bersama sang istri adalah pada bulan Februari 1998. Pada bulan April, dia masih terlihat menggelar aksi di Tangerang, namun setelah itu jejaknya tak terlihat lagi. Dugaan paling kuat, dia menjadi korban penculikan aktivis anti-Soeharto oleh aparat yang saat itu memang marak.





Next page :


Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut