detikfinance

Setelah Molor Setahun, PLTU Lombok Akhirnya Beroperasi

Kusmayadi - detikfinance
Rabu, 18/07/2012 14:37 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/07/18/1034/143833_listrikluar.jpg Foto: Dok. detikFinance
Mataram -Setelah molor setahun akibat alat impor dari China rusak berkali-kali, PLTU 1x25 megawatt (MW) di Jeranjang, Lombok Barat, NTB, akhirnya beroperasi. PLTU itu kini sudah mulai masuk sistem listrik PLN di Lombok, meski operasi resmi masih harus menunggu Sertifikat Layak Operasi dari Kementrian ESDM.

"Commercial Operation Date (COD) sebetulnya pada bulan Agustus. Tapi PLTU Jeranjang saat ini sudah mulai beroperasi dan listrik yang dihasilkan sudah masuk ke sistem Lombok," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB Eko Bambang Sutedjo, di Mataram, Rabu (18/7/2012).

PLTU yang merupakan bagian proyek percepatan 10.000 MW tahap pertama ini, kata Eko, sudah mulai menjalani uji performa secara bertahap sejak Juni 2012. Suplai daya dari PLTU mulai masuk listrik sistem Lombok pada 26 Juni.

"Awalnya PLTU beroperasi menghasilkan daya sebesar 12 MW hingga 13 MW. Dan kini memasuki Juli sudah ditingkatkan hingga 20 MW," kata Eko.

Performa PLTU akan terus meningkat, sehingga pada saat COD Agustus mendatang, sudah benar-benar menghasilkan daya sebesar 25 MW, sesuai kapasitas pembangkit.

"Operasi secara resmi masih menunggu sertifikat layak operasi yang diterbitkan oleh Kementrian ESDM. Saat ini, kelayakan PLTU tengah dipantau tim surveyor independen, sebagai syarat mendapatkan sertifikat itu," katanya.

Jika tak ada aral melintang, tengah Agustus, sertifikat layak operasi harusnya sudah dikantongi.Next

Halaman 12
(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut