detikfinance

MS Hidayat: Tak Mungkin Ada Negara yang Bebas dari Impor

Ramdhania El Hida - detikfinance
Rabu, 18/07/2012 16:08 WIB
//images.detik.com/content/2012/07/18/4/161037_ekspor1.jpg
Jakarta -Menteri Perindustrian MS Hidayat berpandangan sekuat-kuatnya industri di suatu negara tidak berarti bisa bebas dari impor. Hal ini karena adanya pertimbangan efisiensi dalam memproduksi suatu barang.

"Di setiap negara meskipun industrinya kuat, tidak ada yang 100 persen bisa tidak menggunakan barang impor, karena pertimbangannya bisa efisiensi," ujarnya ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Sayangnya, lanjut Hidayat, saat ini impor Indonesia masih terlalu besar, yaitu sekitar 60 persen. Padahal, menurutnya, impor ideal suatu negara hanya berkisar 15-20 persen.

"Tapi jangan sampai 60 persen, seperti Indonesia kalau hanya 20 persen barang impornya itu sudah sangat maju, ini kan terlalu tinggi," jelasnya.

Menurut Hidayat, kelamahan industri di Indonesia adalah industri yang memproduksi mesin-mesin. Dengan demikian, industri inilah yang ingin digenjot dengan pemberian insentif.

"Kita pernah sampai 2 digit waktu zaman orba, sektor yang belum tumbuh itu capital goods, mesin-mesin , ini yang saya genjot supaya ada investasi dan saya mau beri tax holiday," pungkasnya.

(nia/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut