detikfinance

Rumah Hingga Rp 145 Juta Bebas Pajak, Ini Tanggapan Djan Faridz

Suhendra - detikfinance
Rabu, 01/08/2012 10:30 WIB
Rumah Hingga Rp 145 Juta Bebas Pajak, Ini Tanggapan Djan Faridz
Jakarta -Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz cukup kaget dengan keputusan Menteri Keuangan Agus Martowardojo menanggung (membebaskan) pajak pertambahan nilai (PPN) untuk rumah dengan harga hingga Rp 90 juta (di luar Papua) dan hingga Rp 145 juta (khusus Papua).

Menurut Djan kebijakan tersebut akan berdampak positif bagi pengembang maupun konsumen khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selama ini rumah bebas PPN hanya sebatas hingga harga Rp 70 juta, harga rumah di atas itu harus membayar pajak 10%.

"Ini akan menggairahkan pengembang akan turut serta mendorong pembangunan rumah untuk MBR," kata Djan kepada detikFinance, Rabu (1/8/2012)

Ia mengaku senang dengan keputusan ini, pasalnya selama ini kementeriannya sudah lama mengusulkan hal tersebut sudah sejak lama. Ia berharap kebijakan penghapusan PPN ini akan mendorong penyerapan rumah KPR subsidi atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Kira-kira 100.000 mudah-mudahan bisa terserap, mengingat jangka waktu penyerapan tinggal 5 bulan," jelas Djan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo akhirnya menyetujui pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah senilai Rp 90 juta sampai Rp 145 juta. Untuk harga rumah Rp 90 juta berlaku untuk rumah di Jabodetabek termasuk daerah lainnya dan rumah Rp 145 juta khusus di Papua.

"Aturan yang sudah jadi itu mengenai pembebasan PPN untuk rumah Rp 90 juta sampai Rp 145 juta, yang Rp 145 juta untuk rumah di Papua," ujar Agus Marto.
(hen/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut