detikfinance

Wow! Jalur MRT Terowongan Bawah Tanah Berada di Kedalaman 20 Meter

Suhendra - detikfinance
Jumat, 24/08/2012 07:28 WIB
Halaman 1 dari 3
http://us.images.detik.com/content/2012/08/24/4/073229_mrtdalam.jpg
Jakarta -Rencana proyek Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) tahap I akan membentang 23,8 Km dari Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta. Sepanjang 14,1 Km dari itu akan berada di jalur terowongan bawah tanah di kedalaman 20 meter.

"Kalau terowongan bawah tanah itu kedalamannya berkisar antara 14-20 meter dari permukaan tanah," kata Kepala Biro Humas PT Mass Rapid Transit Jakarta Manpala Rega Chandra Gupta Sitorus kepada detikFinance, Jumat (24/8/2012)

Gupta menjelaskan pengerukan terowongan akan berada di bawah jalan dari Bundaran senayan hingga Kampung Bandan kawasan Kota. Sehigga tidak akan melewati beton-beton atau pondasi bangunan yang dilewati proyek MRT termasuk kawasan sudirman yang padat 'lautan beton' pencakar langit.

"Nah, untuk ngebor terowongannya kita pakai mesin namanya Tunnel Boring machine. Mesin itu dimasukin ke dalam tanah, tanah dicoak, masukin mesin, tanah ditutup, mesin ngebor di bawah tanah. Ini buat terowongannya. Nah, kalau stasiun bawah tanahnya beda lagi, stasiun itu bentuknya sudah jadi (box): tanahnya dicoak, masukin stasiunnya. Mesin ngebor sambil ngecor," jelas Gupta.

Gupta memastikan pihak kontraktor yang akan mengerjakan proyek terowongan MRT adalah yang sangat berpengalaman. Menurutnya saat ini kontraktor-kontraktor yang lolos prakualifikasi dan ikut tender adalah kontraktor-kontraktor internasional yang sudah memiliki pengalaman membangun terowongan atau MRT di berbagai kota di dunia.

"Kita ini menggunakan pinjaman Jepang (JICA) dengan bunga sangat rendah, hanya 0,2 - 0,4%, namun ada beberapa ketentuan, antara lain, kontraktor utama adalah kontraktor Jepang, namun sub kontrak boleh dari lokal," katanya.

Menurutnya dengan pola seperti itu menjadi kesempatan buat kontraktor dalam negeri untuk belajar. Pihak kontraktor Jepang sudah punya pengalaman membangun MRT / subway.Next

Halaman 123
(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut