detikfinance

Duh, Harga Semen Di Papua Masih Rp 1 Juta per Kantong

Zulfi Suhendra - detikfinance
Kamis, 30/08/2012 16:22 WIB
//images.detik.com/content/2012/08/30/4/162439_semenreutersluar.jpg
Jakarta -Kurangnya infrastruktur khususnya jalan arteri di Provinsi Papua menyebabkan harga produk tertentu melambung sangat tinggi. Pejabat Sementara Gubernur Papua, Syamsul Arief Rivai menuturkan, untuk harga satu kantong semen saja, warga di beberapa Papua harus merogoh kocek hingga Rp 1 juta lebih.

"Di Papua, untuk harga 1 sak semen itu bisa Rp 1.080.000," ungkap Rivai saat acara Indonesia International Infrastructure, di Jakarta Convention Centre, Kamis (30/8/12).

Kata Rivai, harga yang melambung ini diakibatkan biaya transportasi yang sangat mahal. Pasalnya, akses transportasi darat di pulau ini sangatlah minim, lebih banyak menggunakan pesawat terbang.

"Harga semennya hanya Rp 80 ribu. Ongkos angkutnya Rp 1 juta. Karena diangkutnya itu pakai pesawat," tambahnya.

Selain itu, kata dia, harga bahan bakar minyak di pulau ini bisa mencapai Rp 70 ribu. "Waktu di kota-kota besar semua meributkan harga bensin mau naik, di Papua tenang-tenang saja, karena mereka sudah biasa beli bensin 1 liter Rp 50-70 ribu," sambungnya.

Tahun 2014 nanti, Rivai mengharapkan pemerintah serius untuk menyelesaikan akses transportasi darat antar kota di Provinsi Papua, sehingga segala biaya transportasi mahal yang saat ini dialami bisa semakin diminimalisir.

(zul/ang)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut