detikfinance

Kepala BP Migas Pensiun di Usia 60 Tahun

Angga Aliya - detikfinance
Minggu, 02/09/2012 12:45 WIB
 Kepala BP Migas Pensiun di Usia 60 Tahun
Jakarta -Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai masa pensiun Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) ditetapkan hingga mencapai usia 60 tahun sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2002.

Sehingga, masa pensiun Kepala BP Migas itu tidak sama dengan masa jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah diperpanjang dari 56 tahun menjadi 58 tahun. Ketentuan itu tercantum dalam RUU Aparatur Sipil Negara yang masih dalam tahap uji publik .

"Pasal 22 PP 42/2002 jelas menyebutkan batas masa pensiun unsur pimpinan BP Migas adalah hingga berumur 60 tahun," kata Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bobby A Rizaldi, Minggu (2/9/2012).

Ia menambahkan, Pasal 18 ayat (1) dan (2) PP 42/2002 tentang BP Migas menyebutkan, Kepala BP Migas diangkat dan diberhentikan Presiden setelah berkonsultasi dengan Komisi VII DPR. Sehingga, berbeda dengan peraturan yang ditetapkan kepada PNS.

Sampai saat ini, kata dia Presiden maupun Kementerian ESDM belum untuk menjadwalkan agenda konsultasi pergantian Kepala BP Migas.

"Dengan demikian, pemerintah berpandangan memang saat ini belum diperlukan pergantian Kepala BP Migas," katanya.

Menurutnya, yang bisa menetapkan jadwal serta memberi usulan untuk perubahan Kepala BP Migas itu hanya presiden. Presiden akan melihat kemampuan akademis juga kemampuan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan seperti pelaku industri.

Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas, A Rinto Pudyantoro mengatakan, masa jabatan Kepala BP Migas tidak terkait dengan masa pensiun PNS, karena masing-masing diatur dalam undang-undang dan produk hukum turunan yang berbeda.

Masa jabatan Kepala BP Migas diatur dalam Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi No 22 Tahun 2001 junto Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2002.

"Berdasarkan Undang-Undang Migas junto PP 42/2002 itu, batas usia pensiun Kepala BP Migas mencapai usia 60 tahun," ujarnya.

Menurut dia, Pasal 22 ayat (1) PP 42/2002 tentang Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi itu menyebutkan, batas usia pensiun unsur pimpinan Badan Pelaksana dan Tenaga Ahli adalah 60 tahun. Presiden berhak memperpanjang masa jabatannya setiap tahun sebanyak 3 kali.

"Dengan demikian peraturan-peraturan yang mengatur usia pensiun Kepala BP Migas berbeda dengan aturan menyangkut PNS," ujar Rinto.

(ang/dru)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut