detikfinance

Djoko Kirmanto Pesimistis Tol Trans Jawa Selesai 2014

Zulfi Suhendra - detikfinance
Selasa, 04/09/2012 11:17 WIB
Djoko Kirmanto Pesimistis Tol Trans Jawa Selesai 2014
Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto pesimistis seluruh ruas jalan Tol Trans-Jawa bisa beroperasi hingga 2014, sesuai target pemerintah. Hingga saat ini masih ada beberapa ruas terkendala pengadaan tanah.

Diperkirakan akan hanya ada 6 dari 9 proyek Tol Tran Jawa dapat beroperasi sesuai dengan target. Keenam ruas tol tersebut yaitu Cikampek-Palimanan, Semarang-Solo, Solo-Ngawi. Ngawi-Kertosono. Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. Sementara itu tiga ruas lainnya yakni Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang diperkirakan mundur hingga 2015.

Djoko menyebutkan ruas tol yang dapat menghubungkan jalut Trans Jawa ini sulit terealisasi karena kendala tanah. Misalnya rencana tol Semarang-Batang-Cirebon sulit selesai sesuai dengan target.

"Kalau yang Semarang-Batang-Cirebon memang agak sulit, jadi saya ya sudah lah. Agak pesimis. Itu karena masalah tanah juga," ungkap Djoko saat ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Selasa (4/8/12).

Selain itu, ruas tol Trans Jawa yang lain yaitu Kertosono-Mojokerto pun menurut Djoko masih terkendala proses pembebasan tanah yang tersendat-sendat. "Mojokerto Kertosono sekarang jalan, masalahnya tanah juga, duitnya ada, bangunnya semangat tapi pembebasan tanahnya agak tersendat-sendat," jelasnya.

Sementara untuk ruas tol yang lain, Djoko mengatakan akan berjalan sesuai target, seperti contohnya untuk rusa tol Kertosono-Ngawi-Solo.
Ia mengatakan, bulan Desember nanti pihak swasta yaitu Thiess akan mulai mengerjakan proses konstruksi proyek ruas tol ini.

"Kertosono Ngawi Solo sebagian dikerjakan oleh pemerintah, kemarin sudah undang Thiess dan sudah tender konstruksinya, dia berjanji bulan
Desember antara Solo Ngawi yang sudah kita kerjakan, asing juga akan mengerjakan," pungkasnya.

(zul/hen)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut