detikfinance

Sudah Tahap 32,4%, Tol Atas Laut di Bali Dikebut untuk KTT APEC 2013

Suhendra - detikfinance
Rabu, 05/09/2012 17:08 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/09/05/4/165839_tanjungbenoa2.jpg
Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus mempercepat penyelesaian pembangun proyek jalan tol atas laut di Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa sepanjang 10 Km di Bali.

Saat ini proses pengerjaan konstruksi tol yang akan membentang di atas laut tersebut sudah tahap lebih dari sepertiga dari target.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan hingga per 3 September 2012 progres fisik pembangunan proyek tol senilai Rp 2,3 triliun itu telah mencapai 32,4%. Diharapkan akhir Oktober mendatang bisa terealisasi 50% dan terus meningkat hingga pada akhir Desember mencapai 75% dan targetnya sebelum KTT APEC 2013 sudah selesai.

"Pembangunan proyek jalan tol Nusa Dua – Ngurah Rai – Tanjung Benoa dilakukan dengan baik. Sehingga, progres terus meningkat. Per 3 September mencapai 32,4%. Akhir Oktober optimis dapat terealisasi 50% dan pada akhir Desemeber diperkirakan mencapai 75%. Sehingga, pengoperasian dapat dilakukan April 2013," kata Hermanto seperti dikutip dari situs Kementerian PU, Rabu (5/9/2012)

Jika tol ini sudah selesai, maka akses jalan menuju Tanjung Benoa dapat langsung melalui Sanur hingga ke Nusa Dua. Seperti Jembatan Tol Suramadu, jalan tol tersebut juga akan memiliki jalur khusus untuk sepeda motor dan tiga simpang susun.

Pembebasan lahan di ruas jalan tol tersebut dapat dipercepat karena sebagian besar tanah yang dibutuhkan merupakan milik pemegang saham dalam proyek tersebut. Konsesi proyek tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa dipegang oleh konsorsium PT Jasa Marga Bali Toll dan sebanyak 60% saham konsorsium dikuasai oleh Jasa Marga.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Waskito Pandu menjelaskan, hambatan pembangunan tol adalah material seperti tiang pancang. Mengingat, material disuplai dari Jabodetabek dan Surabaya.

"Dari kebutuhan 3.500 tiang pancang untuk membangun jembatan dan jalan tol, dan saat ini telah pasang sekitar 1.000 tiang. Sedangkan, proses pembangunan terus dilakukan agar dapat dioperasikan sebelum pelaksanaan KTT APEC pada September 2013," katanya.

Seperti diketahui tahun depan Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT APEC, lokasinya akan digelar di Bali. Tahun ini KTT APEC digelar di Rusia, sebagai tuan rumah.
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru Index »


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut