detikfinance

Nasib Uni Eropa Ada di Tangan Pria Ini

Metta Pranata - detikfinance
Selasa, 11/09/2012 15:37 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/09/11/68/154012_andreasvosskuhle.jpg Foto: Reuters
Brussels -Angela Merkel mungkin adalah wanita paling berkuasa di Eropa, tapi pekan ini rencana sang kanselir untuk menyelamatkan Uni Eropa berada di tangan Andreas Vosskuhle. Siapa dia?

Dia adalah hakim Mahkamah Agung yang juga dikenal sebagai pria paling berkuasa di Jerman. Dalam putusan dengan ramifikasi global, Mahkamah Agung diperkirakan akan meloloskan dana bailout Uni Eropa dan pakta anggaran pada hari Rabu ini.

Meski sebagian besar pakar hukum memperkirakan Mahkamah Agung masih punya syarat-syarat lain untuk menunjukkan bahwa parlemenlah yang mengendalikan anggaran Jerman.

Bagaimana pun juga, pengadilan sedang memeriksa apakah harus menunda putusan yang telah lama dinanti itu pada Senin siang mengikuti tantangan hukum baru. Pembuat UU dari partai Konservatif-nya Merkel melontarkan keluhan baru kepada pengadilan.

Keputusan mengenai masalah ini akan ditindaklanjuti pada hari Selasa, kata seorang jurubicara pengadilan seperti dilansir dari CNBC (11/9/2012). Pakar hukum mengatakan sepertinya tidak mungkin mencegah voting untuk dimajukan ke Rabu.

Putusan yang dijadwalkan Rabu itu akan menguji otoritas pengadilan dan Vosskuhle, ketua termuda yang pernah ada dalam sejarah MA Jerman. Pria pragmatis berusia 48 tahun itu harus menyeimbangkan antara pertanyaan teoritis berat dengan konsekuensi dunia nyata yang luar biasa besar mengenai isu tersebut.

“Tekanannya berat, dia tahu itu. Tapi baginya, ini bagian dari pekerjaan yang dia hadapi dengan sangat serius,” kata salah satu rekannya. Dia juga menambahkan kalau keterbukaan pragmatis Vosskuhle menjadi modal bagus baginya untuk mendamaikan pandangan kompetitif apa pun dari kedelapan hakim 'setara diva' yang mengurus kasus ini.Next

Halaman 12
(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut