detikfinance

Lahan Industri di Malaysia Dijual Murah, Indonesia Bagaimana?

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Rabu, 12/09/2012 15:05 WIB
//images.detik.com/content/2012/09/12/1016/tanahdalam.jpg
Jakarta -Malaysia banyak menciptakan kawasan khusus Industri baru untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negaranya. Salah satu cara menumbuhkan industrinya, pemerintah di masing-masing negara bagian ternyata menawarkan tanah industri dengan harga murah kepada pelaku usaha, bahkan menyentuh Rp 30.970 per sq foot (per kaki persegi).

Seperti disampaikan Chief Executive Officer Melaka State Development Corporation atau Perdanaan Kemajuan Negeri Melaka (PKNM), Datuk Yusop Bin HJ. Jantan, negara bagian Melaka tengah mengintensifkan pembangunan kawasan industri.

"Kawasan industri murah, ini sudah termasuk infrastruktur. Semua sudah siap. Maka datanglah ke Melaka," katanya dalam pertemuan dengan beberapa pengusaha Indonesia di Oakwood, Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Tanah yang dikembangkan sebagai kawasan industri merupakan tanah kerajaan. Harga lebih murah menjadi strategi agar menarik banyak investasi. Sudah ada sembilan kawasan industri yang telah beroperasi di Melaka dan dibangun pemerintah, diantaranya Ayer Keroh, Merlimau, Tangga Batu, Bukit Rambai, Melaka World Solar Valley-Rembia, Alor Gajah, Melaka Halal Hub-Serkam, Masjid Tanah, Lipat Kajang (Baru).

Ini masih ditambah delapan kawasan industri yang dikreasi oleh swasta, diantaranya DRB-Hicom Pegoh, Taman Tasik Utama, Cheng, Krubong, Jasin, Komposit Batu Berendam, Bukit Rambai Tekno Park, Teo Brothers Industrial Park.

Sebagai contoh Melaka Halal Hub-Serkam, pemerintah menawarkan harga RM 10 atau setara dengan US$ 3,26 per sq foot. Jika dikonversi dalam mata uang rupiah Rp 30.970 per kaki persegi.

"Murah ya, lebih mahal di sini (Indonesia)," tuturnya.

(wep/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut