detikfinance

Kemendag Klarifikasi Perihal Beda Paham Perizinan 7-Eleven

Herdaru Purnomo - detikfinance
Rabu, 12/09/2012 18:48 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/09/12/4/184717_sevel.jpg
Jakarta -Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantah telah terjadi perbedaan paham antara Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo. Adapun perbedaan paham tersebut berkaitan dengan izin waralaba 7-eleven.

"Perlu kami luruskan bahwa yang disampaikan oleh Wamendag Bayu Krisnamurthi saat itu adalah bahwa setiap perusahaan waralaba wajib memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba dan Izin Teknis. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba berbeda dengan permintaan perizinan," ungkap Kepala Pusat Humas Kemendag, Frank Kandou dalam penjelasannya, Rabu (12/9/2012).

Menurutnya, pendaftaran waralaba difokuskan untuk memberikan legalitas kepada pemberi dan penerima waralaba melalui pendaftaran prospektus dan perjanjian waralaba. Adapun perizinan merupakan legalitas terhadap kegiatan usaha.

"Sedangkan apa yang hendak ditekankan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo pada saat ini adalah bahwa sebuah usaha tidak dapat memiliki dua izin usaha sekaligus. Suatu perusahaan harus memilih salah satu bidang usaha yang ingin digeluti," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi memberikan keterangan terkait masalah waralaba 7-Eleven. Menurut Bayu, waralaba asing seperti 7-Eleven jika ingin memiliki dua jenis usaha dalam satu tempat maka ini harus memiliki dua izin usaha.

Padahal sebelumnya, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo mengatakan mengenai dua izin tersebut. Menurutnya, tidak bisa waralaba tersebut mengantongi dua izin.


(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut