detikfinance

Lahan Industri di Cikande Bisa Terkerek Investasi Pabrik Komponen iPad

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Selasa, 18/09/2012 12:20 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/09/18/1016/122329_foxconn.jpg
Jakarta -Perusahaan IT asal Taiwan Foxconn Technology Group berkomitmen mendirikan pabrik di Modern Cikande Industrial Estate (MCIE) milik, PT Modernland Realty Tbk (MDLN). Menurut manajemen MDLN, kesepakatan investasi Foxconn senilai US$ 5 miliar ini menjadi langkah nyata penyerapan lapangan kerja di Serang.

Menurut COO Urban Development Modern Realty, Andy Natanael, pihaknya percaya dengan kehadiran Foxconn membawa pengaruh positif pada kawasan MCIE, atau Serang secara keseluruhan. Jika melihat pabrik Foxconn yang telah beropeasi di China, penyerapan tenaga kerja bisa mencapai 1 juta karyawan.

"Kita ambil positifnya. Kalau Foxconn masuk akan menciptakan lapangan kerja yang luar biasa. Sudah pasti. Karena kita sama-sama tahun di China sendiri menampung lebih dari 1 juta karyawan yang hadir dari beberapa kota," kata Andy dalam perbincangan dengan detikFinance, Selasa (18/9/2012).

Namun lebih rinci ia belum berani mengungkap kepastian Foxconn mulai beroperasi di Modern Cikande Industrial Estate. Investasi Foxconn, lanjut Andy, adalah kesepatan antara negara melalui Menteri Perindustrian MS Hidayat.

"Nggak terlalu banyak komen karena ini prosesnya G to G. Kita prinsip mendukung dan selama ini Modern Cikande Industrial Estate sudah kawasan industri. Di situ banyak perusahaan dari Korea, Taiwan, Jepang dan ada beberapa juga lokal," paparnya.

Modern Group mendirikan MCIE di awal tahun 1991. Kawasan Industri Modern Cikande berlokasi strategis di Cikande, Serang, Banten; kira-kira 68 km dari Jakarta, 75 km dari Pelabuhan Tanjung Priok dan 50 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Layaknya kawasan industri lain, MCIE dilengkapi beragam fasilitas infrastruktur seperti jalan utama 32–50 m ROW (Right of Way), jalan sekunder 15–24 m ROW (Right of Way), listrik jaringan kabel bawah tanah dengan kapasitas 240 MVA yang disuplai PT PLN (Persero), juga gas dengan nilai kalori sejenis 8.700 Kcal/m3.

Seperti diketahui, Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merk terkenal seperti Apple seperti iPad termasuk komponen handphone Nokia.
(wep/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut