Wawancara CEO AirAsia

Tony Fernandes: AirAsia Siap Bertarung di Indonesia

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Jumat, 21/09/2012 08:43 WIB
Halaman 1 dari 6
//images.detik.com/content/2012/09/21/459/084950_tonfer.jpg Foto: Reuters
Jakarta -Tumbuh pesatnya penerbangan murah tidak lepas dari daya juang AirAsia, maskapai Low Cost Carrier (LCC) asal Malaysia. Maskapai penerbangan 'Si Merah' ini terbukti mampu meramu strategi 'marketing hemat' yang digagas Tony Fernandes. Kini AirAsia pun terlihat bernafsu menginvasi industri aviasi dalam negeri.

AirAsia serasa tidak gentar dengan maskapai penerbangan lokal yang telah lebih dahulu menguasai Indonesia. Usai AirAsia Berhad mendirikan anak usaha PT Indonesia AirAsia, bersama mitra lokalnya PT Fersindo Nusaperkasa, 'Si Merah' makin agresif. Pergerakan terbaru adalah membeli saham mayoritas maskapai penerbangan lokal Batavia Air. Bersama Fersindo, AirAsia Berhad bahkan akan menguasai 100% saham Batavia di Maret 2012.

Bagaikan dua sisi mata uang, dua airlines brand ini menjadi senjata ampuh Tony yang kini menjabat sebagai Chief Executive Officer Grup AirAsia. AirAsia fokus pada pelayanan penerbangan intra Asean, sedangkan Batavia Air meneruskan ekspasi rute di dalam negeri.

Mimpi Tony memang tidak berhenti sampai di situ. Setelah menguasai Asean, AirAsia membidik Asia sebagai pasar potensial. Cita-cita tertingginya bahkan mensejajarkan merek AirAsia seperti Coca-Cola, seluruh manusia di dunia saat melihat pesawat dengan dominasi warna merah, itu adalah AirAsia.

detikFinance punya kesempatan berbincang santai dengan Tony di sela-sela kesibukan barunya di kantor Jakarta. Pria yang selalu terlihat riang ini mengungkapkan strategi jangka panjang AirAsia di masa mendatang. Ingin tahu?

AirAsia sudah banyak dikenal masyarakat dengan harga promo tiketnya dan terbukti sukses. Lalu bagaimana Anda bersama Tim menjaga strategi tiket murah di masa mendatang, di tengah makin banyaknya maskapai LCC?

Dalam menjalankan bisnis, AirAsia hanya bertumpu pada empat cara. Pertama, aset berupa pesawat yang terus kita perbarui. Kedua, sumber daya manusia dan ini sangat penting untuk menyukseskan strategi yang telah disusun. Kita melakukan kerja sama yang sangat baik, tidak hanya antara tim marketing dengan para pilot, tapi juga teknisi. Next

Halaman 123456
(wep/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut