detikfinance

PNS RI Harus Meniru Birokrasi Singapura yang Serba Cepat

Wahyu Daniel - detikfinance
Rabu, 03/10/2012 11:02 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/10/03/4/105807_213021demopns.jpg
Jakarta -Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan reformasi birokrasi di tubuh pegawai negeri sipil (PNS). Harusnya PNS RI bisa mencontoh model birokrasi dari Singapura yang serba cepat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar menyampaikan birokrasi di Singapura sangat inovatif dan mempunyai semangat melayani, serta inisiatif tinggi.

Azwar menyampaikan hal ini seperti dikutip dari situs Kementerian PAN dan RB, Rabu (3/10/2012), saat membuka seminar reformasi birokrasi di Batam. "Batam harus dapat mencontoh Reformasi Birokrasi di Singapura," kata Azwar.

Menurut Azwar, Singapura menerapkan sistem birokrasi yang efisien dari segi sumber daya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Birokrasi Singapura juga berorientasi pada kepuasan pelanggan, serta pembaruan terus-menerus terhadap cara dan hasil kerja.

Dalam acara tersebut, Azwar meluncurkan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat Pemerintah daerah. Azwar juga memberikan satu akun Password kepada para Inspektur Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota selaku Koordinator Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan pemerintah daerahnya, untuk dapat login kedalam sistem PMPRB On-Line.

Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi Kementerian PAN dan RB, Ismail Mohamad menambahkan, akun-akun yang diberikan tersebut digunakan untuk menentukan unit kerja yang akan dinilai. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kemajuan serta menilai reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersangkutan.

"Selanjutnya mereka bisa menyampaikan hasil penilaian secara elektronik kepada PMPRB Resource Centre yang ada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Ismail.
(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close