detikfinance

Konsultasi Saham
Mega Capital Indonesia
Konsultasi Saham
Research Team
PT Mega Capital Indonesia
Call Center : (021) 7917 5599

Bagaimana Cara 'Bermain' Saham yang Aman?

Danny Eugene - detikfinance
Kamis, 04/10/2012 10:38 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/10/04/65/104017_danny.jpg
Jakarta -Pertanyaan dari pembaca, Nurimah Handayani: Bagaimana cara main saham yang aman dan terkendali? Apa kita serahkan sepenuhnya oleh broker? Terus baiknya bagaimana?

Jawaban:
Kepada Nurimah Handayani,

Terima kasih atas pertanyaannya, yang menurut saya pasti banyak ditanyakan oleh kebanyakan orang yang aktif berinvestasi di pasar saham.

Mungkin pertama-tama saya hendak mengoreksi kalimat “bermain saham.” Ini hal sepele namun secara psikologis membuat saham itu seperti permainan. Bisa kalah dan bisa menang. Menurut saya ini adalah kesalahan utama setiap orang yang berinvestasi di saham (termasuk saya).

Saya lebih tepat menyebut sebagai “investasi/bisnis saham.” Investasi di saham harus diperlakukan sebagai sebuah investasi atau bisnis. Investasi saham harus memiliki prinsip seperti kita berbisnis di sektor riil, entah itu membuka warung atau memiliki perusahaan pertambangan.

Hal ini memang benar, karena membeli saham adalah membeli perusahaan. Sehingga harus benar-benar dipikirkan dengan matang. Sama seperti jika hendak berbisnis, tentunya harus memiliki BUSINESS PLAN. Kita harus mengerti aturan main serta memiliki program kerja yang akan membuat bisnis kita menguntungkan.

Untuk berinvestasi di saham, pertama-tama Nurimah harus memiliki TRADING PLAN. Trading Plan ini biasa berisi kriteria apa saja yang dibutuhkan yang akan menjadi SINYAL BELI/JUAL atas sebuah saham. Anda bisa menggunakan ANALISA FUNDAMENTAL maupun ANALISA TEKNIKAL. (Untuk lebih jauh tentang Trading Plan ini sudah banyak buku yang diterbitkan).Next

Halaman 12
(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut