detikfinance

Listrik di Sebagian Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong Padam

Robert - detikfinance
Sabtu, 06/10/2012 18:15 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/10/06/1034/182529_listrikmodardalam.jpg
Samarinda -Aliran listrik padam terjadi di hampir seluruh wilayah di tiga kota di Kalimantan Timur, yakni Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong. PLN masih berupaya melakukan pemulihan.

"Benar, telah terjadi gangguan sistem jaringan transmisi 150 KV (Kilo Volt) yang menghubungkan Samarinda dan Balikpapan, sehingga sebagian wilayah Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan," kata Kepala Komunikasi dan Hukum PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim, Imam Taufik, kepada detikcom melalui telepon, Sabtu (6/10/2012) sore WITA.

Menurut Imam, gangguan tersebut terjadi setelah hujan deras di ruas jalan Balikpapan-Samarinda, siang tadi sekitar pukul 13.00 WITA. Hal ini mengakibatkan terjadinya pemadaman mendadak.

"Interkoneksi di jalur Balikpapan-Samarinda terjadi gangguan karena hujan deras. Sekitar pukul 13.00 WITA, padam otomatis tapi secara sistem tidak seluruh pelanggan di tiga kota itu," ujar Imam.

"Tidak padamnya keseluruhan pelanggan di tiga kota dikarenakan kita punya pembangkit-pembangkit cadangan, seperi yang ada di Balikpapan," tambahnya.

Imam juga menjelaskan, pemulihan jaringan memakan waktu yang tidak sebentar. Saat ini tim transmisi PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim, masih berada di lapangan untuk memulihkan jaringan.

"Kita harapkan sekitar jam 7 atau jam 8 malam nanti semuanya sudah kembali normal. Pemulihan memang memakan waktu yang tidak sebentar," sebut Imam.

"Kami minta dan imbau kepada masyarakat untuk meningkatkan safety di rumah masing-masing, karena pemadaman akibat gangguan alam ini. Kami minta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini," tutupnya.

Sementara pantauan di Samarinda misalnya, hingga pukul 17.30 WITA, sebagian besar wilayah Samarinda seperti antara lain di Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara hingga Samarinda Ilir, mengalami pemadaman. Bahkan tidak sedikit aliran listrik di sejumlah traffic light, juga mengalami pemadaman sehingga memacetkan arus lalu lintas.


(wep/wep)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut