detikfinance

Jero Wacik: PLTU Cirebon 'Tanda' Perdamaian Jepang dan Korea

Wiji Nurhayat - detikfinance
Kamis, 18/10/2012 15:36 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/10/18/1034/153840_img2012101800367.jpg Foto: Wiji-detikFinance
Cirebon -Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon berkapasitas 1x660 megawatt (MW) diresmikan Menteri ESDM Jero Wacik. Proyek ini adalah fenomena perdamaian Jepang dan Korea.

"Jarang perusahaan Korea dan Jepang bareng-bareng bangun proyek," kata Jero saat peresmian PLTU di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (18/10/2012).

Jepang dan Korea Selatan adalah dua negara superpower di Asia yang bisa dikatakan saling bersaing. Dua negara yang terletak di kawasan Asia Timur ini berlomba-lomba menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia lewat teknologi dan industrinya. Jero meyakini hal ini bisa terwujud karena prinsip berbhineka tunggal ika milik Indonesia.

"Mereka suka dengan bhineka tunggal ika Indonesia, ini tanda-tanda perdamaian," katanya.

Jero senang dengan kerjasama yang terjain di antara 3 negara. Jepang diwakilkan oleh Marubeni Co yang memiliki 32,5% saham di PLTU tersebut, sedangkan Korea diwakili oleh Korea Midlane Power Co yang mempunyai 27,5% saham, dan Samtan Korea dengan 20% saham. Sementara Indonesia melalui Indika Energi dengan 20% saham. Proyek ini menghabiskan dana US$850 juta dan membuka banyak lapangan pekerjaa.

"Lapangan kerja yang akan tercipta waktu proyek 1.500 orang, setelah operasi 300 orang bekerja, orang Cirebon banyak saat pengerjaan proyek," cetus Jero.

PLTU Cirebon yang berjarak 10 km sebelah timur kota Cirebon. PLTU ini dibangun di atas lahan seluas 87 ha yang nantinya akan mendistribusikan listrik ke Jawa dan Bali. Tiap tahun, PLTU ini membutuhkan batubara 2,85 juta ton.

(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut