Ini Alasan Truk Besar Bakal Dilarang Lewat Pantura

Zulfi Suhendra - detikfinance
Senin, 22/10/2012 12:43 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/10/22/4/124713_jictluar.jpg
Jakarta -Pemerintah sedang mengkaji aturan larangan truk-truk besar untuk melewati jalur darat pantai utara (Pantura) Pulau Jawa. Apa alasan pemerintah melarang truk lewat Pantura?

Kepala Divisi Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI), Edib Muslim mengatakan, hal ini bertujuan untuk menghidupkan moda transportasi laut dan mewujudkan daya saing transportasi laut termasuk pendukungnya.

"Tujuannya, untuk mobilitas logistik yang berdaya saing," ungkap Edib saat kepada detikFinance, Senin (22/10/12).

Ia mengatakan, saat ini mobilitas truk-truk besar banyak menggunakan jalur darat, khususnya pantura. Padahal, biaya logistik untuk bahan bakar bisa ditekan apabila kendaraan-kendaraan ini menggunakan transportasi laut.

"Penggunaan BBM di darat itu kan lebih besar. Apalagi kalau pakai BBM bersubsidi. Kalau di laut kan tidak terbatas," katanya.

Menurutnya risiko penambahan biaya akibat kerusakan jalan juga menjadi pertimbangan aturan ini. Angkutan truk dengan beban yang berat akan mempercepat proses kerusakan jalan.

"Banyak truk yang overload lewat jalan darat, jalannya menjadi rusak. Kalau buat jalan baru kan perlu pembebasan tanah, kalau laut kan nggak perlu," tegasnya.Next

Halaman 12
(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut