detikfinance

Bos Lippo Bangun RS Siloam Rp 360 Miliar di Kupang

Angga Aliya - detikfinance
Senin, 22/10/2012 15:23 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/10/22/1016/151826_siloam.jpg Foto: dok Lippo Karawaci
Jakarta -Anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), Siloam Hospitals Group, membangun rumah sakit Siloam Kupang di daerah Fatululi, Nusa Tenggara Timur (NTT). Biaya yang dibutuhkan untuk membangun RS ini senilai US$ 40 juta (Rp 360 miliar).

Direktur Pengembangan Strategis Siloam Hospitals Group Anang Prayudi mengatakan, pembangunan RS ini merupakan langkah awal yang tepat untuk berpartisipasi dalam proses percepatan pembangunan di wilayah NTT.

"Pembangunan akan dilakukan berdasarkan survey dan analisa yang komprehensif, terutama berkaitan dengan fungsinya sebagai rumah sakit pendukung, yang dilengkapi dengan peralatan medis terkini seperti MRI, Cathlab dan CT Scan, sesuai dengan standar internasional yang diterapkan di seluruh unit Siloam Hospitals," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (22/10/2012).

Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada website Pemerintahan Provinsi NTT, mengatakan pelaksanaan agenda pembangunan di 2011-2012 akan memprioritaskan pada peningkatan jumlah dan keahlian tenaga dokter, tenaga medis, dan para medis.

Selain itu, pembangunan kesehatan akan dilaksanakan melalui perbaikan gizi, keluarga berencana, pelayanan kesehatan masyarakat, pengawasan obat, sarana dan prasarana kesehatan serta perbaikan lingkungan kesehatan.

Pelaksanaan pembangunan kesehatan lebih memprioritaskan pada ketersediaan tenaga kesehatan adalah penting, karena menurut WHO, keberhasilan pembangunan kesehatan 80% ditentukan oleh sumber daya tenaga kesehatan.

Menurut Frans, saat ini terdapat lebih dari 400 dokter umum dan sekitar 180 dokter gigi yang melayani 350 puskesmas di Nusa Tenggara Timur.

"Idealnya untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar 350 lebih tempat layanan kesehatan itu dibutuhkan sekitar 1.050 dokter. Namun kenyataannya di NTT baru terdapat sekitar 500 dokter," jelas Frans.

Pada kesempatan yang sama, Pendiri Siloam Hospitals Group James T. Riady menjelaskan pentingnya peran dokter dalam usaha transformasi layanan kesehatan suatu bangsa.

"Kemitraan dengan dokter menjadi salah satu dari empat pilar yang terutama dalam usaha Siloam memberikan yang pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dan salah satu tujuan utama kemitraan tersebut adalah untuk memampukan para dokter agar dapat melayani pasien dengan lebih baik," jelasnya.
(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut