detikfinance

Jokowi Butuh Rp 5 Triliun untuk 'Bereskan' Sungai Ciliwung

Suhendra - detikfinance
Kamis, 25/10/2012 15:26 WIB
//images.detik.com/content/2012/10/25/4/152141_ciliwung2.jpg
Jakarta -Kualitas Sungai Ciliwung yang terus menurun memang menjadi pekerjaan rumah bagi Pemda DKI khususnya Gubernur DKI Jokowi, termasuk pemerintah pusat. Sungai yang membelah ibukota itu perlu dinormalisasi dengan anggaran hingga triliunan rupiah.

Direktur Sungai dan Pantai Direktorat jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Pitoyo Subandrio memperkirakan normalisasi sungai Ciliwung dari tahun 2010 – 2014 memerlukan anggaran Rp 5 triliun.

"Angka ini sangat besar dan kita tak punya sekaligus, tapi kami harus memulai dengan anggaran yang ada," kata Pitoyo seperti dikutip dari situs Kemen PU, Kamis (25/10/2012)

Pitoyo menjelaskan untuk normalisasi Ciliwung secara garis besar bahwa ada beberapa langkah antara lain, sudetan Ciliwung lama, pembuatan kawasan bersih Ciliwung dan lainnya, selain itu, relokasi masyarakat bantaran kali ke rusunawa di sejumlah titik dan lainnya.

Pitoyo juga memberi contoh, untuk pekerjaan kawasan percontohan bersih Ciliwung, akan dibuat di sepanjang Pintu Air Manggqarai-Kapitol depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

'Untuk pekerjaan itu, sudah tersedia anggaran Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar dan Rp 900 miliar hingga 2014, target selesai 2014," katanya.

Pihaknya juga akan menambah dua pintu air di Manggarai dan Dukuh Atas sehingga debit air bisa disalurkan ke Banjir Kanal Barat.

Sebelumnya Penyelesaian total Ciliwung ini sudah disetujui sejak 2010 oleh Wakil Presiden. Pitoyo menambahkan pekerjaan ini bisa bersinergi sejalan dengan gebrakan gubernur baru DKI Jakarta Jokowi.

"Prinsipnya sejalan dan bisa bersinergi. Kami pernah bicarakan dengan Gubernur Jokowi," katanya.
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut