detikfinance

Subsidi Energi Rp 300 Triliun/Tahun, Bisa Bangun 2 Jembatan Selat Sunda

Rista Rama Dhany - detikfinance
Senin, 29/10/2012 13:44 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/10/29/1034/134404_jss2.jpg
Jakarta -Subsidi energi yang hampir mencapai Rp 300 triliun per tahun sangat memberatkan Anggaran negara. Anggaran sebesar itu seharusnya bisa dialihkan untuk infrastruktur.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini mengatakan jika subsidi tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur seperti Jembatan, maka sudah bisa dibangun dua Jembatan Selat Sunda (JSS) yang diperkirakan menelan dana Rp 100-150 triliun.

"Subsidi Rp 300 triliun memang memberatkan keuangan negara, coba saja Rp 300 triliun itu untuk bangun jembatan, sudah dapat dua Jembatan Selat Sunda atau untuk bangun kilang minyak itu sudah dapat 3 kilang, atau untuk bangun jalan dana sebesar itu bisa bangun 10.000 km jalan, bukan jalan tol, tapi jalan yang gratis," kata Rudi ketika ditemui di acara Syukuran Hari Listrik Nasional ke-67 dan Launching Program Management Office (PMO) di Kantor PLN Pusat, Senin (29/10/2012).

Rudi mengakui memang tidak mungkin subsidi sebesar itu tiba-tiba langsung dialihkan ke sektor lain, tapi dikurangi secara bertahap seperti menaikan tarif dasar listrik (TDL) dan menaikan harga BBM subsidi.

"Nah tahun depan, Menteri Keuangan mendapatkan lampu hijau bisa menaikan harga BBM bersubsidi, namun kapannya semua tergantung situasi eksternal seperti harga minyak dunia dan internal seperti kesiapan ekonomi Indonesia dan waktunya kapan, semua masih belum bisa ditentukan kapan waktunya, yang jelas pemerintah diberikan keleluasaan untuk menaikan harga BBM bersubsidi," kata Rudi.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut