detikfinance

Kemendikbud Siapkan 50 Ribu Beasiswa Masyarakat Miskin

Ramdhania El Hida - detikfinance
Jumat, 23/11/2012 15:16 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/11/23/4/151912_uangtumpuk.jpg
Jakarta -Demi meningkatkan akses masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan hingga perguruan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beasiswa kuliah S1. Untuk tahun depan, sebanyak 50 ribu kesempatan beasiswa dibagikan bagi siswa miskin yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

"Tahun depan sekitar 50 ribuan," ujar Mendikbud M. Nuh saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Nuh menyebutkan untuk 50 ribu beasiswa tersebut dibutuhkan anggaran sekitar Rp 1 triliun. Jumlah tersebut ditambah dengan anggaran beasiswa untuk 92 ribu anak yang telah mendapatkan beasiswa pada tahun sebelumnya dan masih menjalankan pendidikan.

"Anggarannya Rp 600 ribu per bulan per anak, tandanya setahun sudah Rp 7,2 juta, biaya pendidikannya sekitar Rp 10 juta, jadi Rp 20 juta per anak per tahun dikali 50 ribuan, termasuk yang sudah dikasih beasiswa itu ada 92 ribu," jelasnya.

Nuh menyebutkan syarat penerima beasiswa adalah miskin dan memiliki kemampuan akademik yang sesuai standard perguruan tinggi. Dengan adanya akses pendidikan ini, Nuh yakin bukan suatu hal yang mustahil seorang anak miskin bisa menjadi melanjutkan kuliah hingga tamat.

"Yang daftar itu sudah banyak, sudah puluhan ribu. Syarat pertama miskin, kaya tidak boleh masuk sini, tapi ada minimum kemampuan akademik yang memadai. Sehingga sekarang itu anak miskin masuk di kedokteran itu bukan sesuatu yang mustahil," tegasnya.

"Bisa dicek ke UI atau Unpad, setiap tahun rata-rata 15 anak di Fakultas Kedokteran tidak pakai bayar dan setiap bulan dikasih Rp 600 ribu karena dulu mikirnya, sekolah memang tidak bayar, tapi nanti hidupnya pakai apa. Makanya biaya hidupnya juga dibayar, Rp 600 ribu itu dibilang cukup ya cukup, dibilang tidak ya tidak," pungkasnya.


(nia/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut