Perencanaan Keuangan
Aidil Akbar Madjid, MBA, CFE®, CFP®, RFC®
Wealth Planner™
Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga
Chairman, IARFC Indonesia

Investasi Risiko Rendah Tanpa Mengganggu Pekerjaan

Aidil Akbar Madjid - detikfinance
Senin, 26/11/2012 12:40 WIB
Halaman 1 dari 2
Jakarta -Pertanyaan dari pembaca: Saya laki-laki 30 tahun, karyawan swasta, single, Jawa Timur. THP/bulan Rp 14 juta dan setelah dikurangi konsumsi, pajak, cicilan mobil dan cicilan rumah, saya menabung Rp 6 juta/bulan. Saya tidak mempunyai investasi apapun dan sayang apabila tabungan saya idle. Mohon info, jenis investasi apa yang tepat tanpa mengganggu pekerjaan utama saya dan memiliki resiko rendah. Terima kasih

Jawaban:
Kegiatan investasi merupakan aktifitas yang sedikit kompleks namun sangat bermanfaat. Karena keinginan kita untuk berinvestasi adalah untuk meningkatkan taraf hidup kita ke depannya dengan cara menunda konsumsi atas penghasilan yang kita punyai. Karena masalah ini kita mesti mengenal dan memahami produk-produk investasi yang beredar di masyarakat dewasa ini.

Tetapi ada hal yang harus perlu diperhatikan untuk sebelum kita mulai berinvestasi:
a. Pastikan cashflow keluarga positif secara konsisten.
b. Pastikan Anda mempunyai dana darurat yang kita alokasikan khusus cukup, pada rekening berbeda untuk menghindari hal yang kita tidak inginkan (kendaraan rusak, maupun terjadinya PHK).
c. Pastikan juga kebutuhan kita terhadap jaminan proteksi jiwa maupun kesehatan anggota keluarga tercukupi. Karena biaya perawatan kesehatan di kota besar sangat tinggi biayanya.

Setelah kita sudah melalui langkah di atas, pastikan kita tahu kebutuhan investasi yang ingin kita kejar itu apa dan berapa (tanyakan pada Finacial Planner berpengalaman)? Berapa lama lagi waktu pencapaiannya? Baru kemudian kita alokasikan tuk berinvestasi.

Di sinilah bedanya antara seorang Perencana Keuangan dengan penjual produk keuangan. Sebagai perencana keuangan kita tidak bisa serta merta memberikan produk tertentu tanpa mengetahui target investasi, jangka waktu pencapaian dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya penting untuk mengetahui profil resiko dan kapan dana investasi tersebut dibutuhkan. Jika untuk kebutuhan jangka pendek-menengah (1-3 tahun) salah satu wahana investasi yang bisa dipilih adalah Logam Mulia.

Karena Logam Mulia dengan beberapa keunggulannya bisa menutupi kebutuhan investasi jangka pendek-menengah. Alternatif lain bisa menggunakan ORI dan Sukuk Ritel yang memang jatuh temponya sekitar 3 tahunan.Next

Halaman 12
(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut