detikfinance

WamenPAN: Batasan Umur Pensiun PNS Berbeda-beda

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Selasa, 27/11/2012 11:39 WIB
//images.detik.com/content/2012/11/27/4/114112_pnsnew.jpg
Jakarta -Pemerintah telah menyusun kembali batas usia pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang didasari atas kompetensinya masing-masing. Batas usia pensiun akan dilonggarkan saat PNS yang bersangkutan memangku jabatan tertentu di Kementerian/Lembaga Pemerintah.

Wakil Menteri PAN dan RB, Eko Prasojo menjelaskan, tiga Kementerian telah menginvestaris Rancanan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) dan telah dipresentasikan ke hadapan Wakil Presiden RI, Boediono. Batas usia pensiun yang sebelumnya dipatok 56 tahun, akan terbagi secara berjenjang.

"Batas usia pensiun yang Dewan (DPR) minta dari 56 tahun ke 58 tahun. Dalam daftar inventaris masalah, sudah kita kombinasi," kata Eko di sela-sela Stakeholders Meeting II Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Menurutnya, batas usia pensiun PNS tingkat administrasi maksimal 56 tahun. Kemudian PNS setingkat eselon II memiliki batas pensiun 58 tahun, dan khusus pegawai setingkat eselon I juga menduduki jabatan struktural, usia pensiunnya mencapai 60 tahun.

"Usulan dari tiga kementerian ini tentu masih harus dibicarakan dengan dewan (DPR)," tuturnya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) Azwar Abubakar mengatakan, pemerintah pada dasarnya mendukung RUU ASN. Namun terjadi beda pandangan antara pemerintah dan DPR dalam beberapa pasal dalam RUU tersebut.

Namun Azwar masih menganggap ini hal yang wajar. Namun semangat pemerintah untuk mendukung RUU ASN sangat besar.

(wep/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut