detikfinance

Perjalanan Dinas Digunakan PNS untuk Pendapatan Tambahan

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Selasa, 27/11/2012 15:31 WIB
//images.detik.com/content/2012/11/27/4/pns2.jpg
Jakarta -Anggaran perjalanan dinas Kementerian Lembaga (K/L) pemerintah masih dianggap sebagai terlampau boros, hingga perlu adanya pengaturan lebih ketat. Bahkan disinyalir anggaran ini digunakan PNS untuk memperkaya pendapatan mereka.

Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo menjelaskan, terdapat beberapa pos anggaran perjalanan dinas di K/L tidak sesuai dengan target pencapaian. Kementerian PAN-RB langsung bertindak, dengan meminta Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BKPK) melakukan audit.

"Kami minta BPKP cek perjalanan dinas tiap K/L. Apa target outcome atau outputnya, hingga perlu ada beberapa penyesuaian sesuai anggaran," kata Eko di sela-sela Stakeholders Meeting II Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

"Mengapa orang berjalan, karena dianggap sebagai income," tambahnya.

Atas dasar itu pula, KemenPAN-RB sedang memformulasikan remunerasi baru bagi pegawai negeri agar seluruh kebutuhan dapat tercukupi dari gaji. "Kita sedang desain untuk peningkatan kesejahteraan, agar (perjalanan dinas) tidak jadi andalan," paparnya.

"Tentu (peningkatan remunerasi) berbasis kinerja," imbuhnya.

(wep/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut