detikfinance

Lahan Parkir Monorel Cibubur dan Bekasi Sanggup Tampung 50.000 Mobil

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Rabu, 05/12/2012 07:33 WIB
Lahan Parkir Monorel Cibubur dan Bekasi Sanggup Tampung 50.000 Mobil
Jakarta -PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengaku dilibatkan dalam proses pembangunan monorel Jakarta. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola jalan tol ini dilibatkan dalam persiapan dan pembangunan rute monorel dari Bekasi Timur ke Cawang dan Cibubur ke Cawang.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menjelaskan, pada pembangunan rute monorel tersebut pihaknya berperan dalam penyediaan lahan stasiun dan pakir, serta pembiayaan.

Bahkan Adityawarman menjelaskan, lahan parkir yang bakal dibangun di dua rute keberangkatan tersebut bisa menampung hingga 50.000 mobil per harinya.

"Kira-kira 50 ribu mobil selama sehari. Itu hitungannya roda 4," tutur Adityawarman dikutip Rabu (5/12/2012).

Seperti diketahui, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mengusulkan untuk membangkitkan kembali monorel Jakarta. Adhi Karya merancang stasiun pemberangkatan monorel dari Bekasi Timur untuk menampung penumpang yang datang dari Bekasi.

Sementara untuk stasiun pemberangkatan monorel dari Cibubur, akan menampung penumpang yang datang dari arah Bogor sekitarnya.

Adityawarman mengatakan, untuk rute monorel Jakarta dari dua titik itu akan melewati media jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga.

"Kalau Cibubur-Cawang itu sekitar 14 km, kalau Bekasi Timur-Cawang sekitar 18 km. Itu semua di sisi jalan tol," tambahnya.

Dihubungi secara terpisah, Dirut ADHI Kiswodarmawan menjelaskan, pihaknya akan mengumpulkan pihak-pihak yang terlibat konsorsium pengembangan monorel Jakarta pada Kamis besok. Ia juga menegaskan, desain final monorel Jakarta juga akan ditentukan dan diumumkan setelah pertemuan itu.

"Saya bisa menjawab setelah mengundang konsorsium yang terlibat," kata Kiswo.

Namun, proyek monorel ini masih akan menunggu persetujuan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Sampai saat ini belum ada presentasi dari Adhi Karya soal proyek monorel ke Jokowi.

(dnl/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut