detikfinance

BPH Migas, Satu-Satunya Regulator di Dunia Yang Menangkap Maling BBM

Rista Rama Dhany - detikfinance
Kamis, 13/12/2012 07:49 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2012/12/13/459/075242_fahmi.jpg
Jakarta -Isu soal BBM subsidi sedang hangat saat ini. Jatah atau kuota BBM subsidi sebanyak 44 juta kiloliter (KL) jebol, banyak BBM subsidi diselundupkan. Lantas ke mana Badan Pengatur Kegiatan Hilir (BPH) Migas?

Wakil Kepala BPH Migas Fahmi Harsandono mengatakan, sudah banyak rencana aksi yang ingin dilakukan BPH Migas untuk mencegah kebocoran BBM subsidi, namun selalu terhadang oleh aturan.

Menurut Fahmi, penyelewengan dan penyelundupan BBM subsidi bakal terus terjadi selama harga BBM subsidi dan non subsidi berbeda jauh.

"Kalau disparitas harganya semakin kecil, pencurian minyak akan jauh menurun, bahkan orang malas lagi curi BBM subsidi karena risikonya besar dibandingkan hasil yang didapat. Tapi kalau sekarang risikonya besar tapi untungnya besar juga karena disparitas (perbedaan) harga tersebut," tutur Fahmi.

Berikut petikan wawancara detikFinance dengan Fahmi di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Banyak mempertanyakan fungsi BPH Migas selama ini, dan menganggap BPH Migas kurang berfungsi karena maraknya kebocoran BBM subsidi, bahkan sampai ada yang ingin membubarkan BPH Migas, menurut anda bagaimana?

Begini, sesuai tugas dan fungsi BPH Migas Undang-Undang Migas nomor 22 Tahun 2001, yakni mengawasi dan mengatur badan usaha yang berizin agar menjalankan tugasnya sesuai aturan, tidak mengambil untung sebesar-besarnya dan memastikan masyarakat mendapatkan harga BBM dan gas sesuai yang telah ditetapkan pemerintah.Next

Halaman 1234
(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut