detikfinance

Pabrik Pembuat Komponen iPhone akan Produksi 6 Bulan Lagi

Zulfi Suhendra - detikfinance
Senin, 17/12/2012 12:50 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/12/17/1036/125219_foxconn.jpg
Jakarta -Perusahaan pembuat komponen elektronika untuk iPhone, iPad dan lain-lain asal Taiwan, Foxconn Technology Group dipastikan batal berproduksi tahun ini. Awalnya, mereka mulai produksi tanggal 25 Desember 2012.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, masih perlu dibicarakan lebih lanjut antara kementerian terkati dan pemangku kepentingan. Ia menargetkan paling lambat 6 bulan ke depan, pabrik ini bisa beroperasi di Indonesia.

"3 sampai 6 bulan lagi lah, terhitung mulai dari sekarang," ungkap Hidayat saat ditemui di acara Capaian Kinerja Akhir Tahun 2012 Kementerian Perindustrian, di Kantor Kementerian Perindustrian, Senin (17/12/2012).

Ia menjelaskan, masih ada syarat dan ketentuan yang belum sesuai antara pemerintah Indonesia dengan pihak Foxconn yang menjadi pemicu tertundanya pabrik ini beroperasi.

"Foxconn tertunda karena ada requirement mereka juga yang agak berbeda dari apa yang kita regulasikan. Saya nggak bisa menyebutkan apa regulasinya," imbuhnya.

Hidayat menambahkan alasan lain pabrik asal Taiwan tersebut menunda beroperasi karena mitra lokal yang akan digandeng masih belum sepakat mengenai syarat dan ketentuan pabrik komponen elektronik besar ini.

Rencananya, jika pabrik ini beroperasi, pemerintah mempersyaratkan agar menggandeng mitra lokal yang nantinya bisa membuat barang elektronikz buatan dalam negeri. "Dan belum sepakatnya local partner mengenai term and conditions-nya, jadi mungkin butuh waktu beberapa bulan," jelasnya.Next

Halaman 12
(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut