detikfinance

Harga Air Kemasan Galon di Jakarta Bakal Naik

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Kamis, 17/01/2013 16:27 WIB
//images.detik.com/content/2013/01/17/4/163203_aquagalon200.jpg
Jakarta -Banjir besar yang melanda Jakarta hari ini berpengaruh terhadap kenaikan harga air minum kemasan. Alasannya, akses ke berbagai tempat untuk mendistribusikan air minum terhambat yang menyebabkan bertambahnya biaya produksi.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (ASPADIN) Hendro Baruno mengatakan, pihaknya sudah memasang kuda-kuda untuk menaikkan harga air minum kemasan (galon) pada akhir Januari 2013 mendatang. Dia menyebutkan, kenaikan harga tersebut bisa sampai 10% dari harga air minum galon di tingkat agen saat ini yang mencapai Rp 11.000 per galon.

"Untuk aqua galon per Akhir Januari atau awal Februari 2013 akan naik 5-8%, maksimum 10%. Secara nasional akan naik untuk seluruh merk," ungkapnya saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Kamis (17/1/13).

Apalagi, kata Hendro, pemerintah telah menetapkan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan upah buruh di tahun ini. Hal itu juga menjadi pertimbangan perusahaan untuk menaikkan harga jual.

Hendro memaparkan, saat ini harga aqua galon di tingkat agen mencapai Rp 11.000 per galon. Sementara di tingkat pengecer sudah mecapai Rp 12.000-12.500.

Sementara itu, lanjutnya, untuk air minum kemasan cup harganya sudah dinaikkan lebih awal sebesar 5-8% pada November-Desember 2012 lalu khusus untuk Pulau Jawa dan Bali. Hal itu terkait dengan kenaikan harga plastik di pasaran yang mencapai 6%.

"Untuk air minum kemasan cup (aqua gelas) sudah naik per November-Desember kemarin. Itu dampak dari kenaikan plastik, jadi kita ada penyesuaian harga," katanya.

(ang/ang)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Minggu, 21/12/2014 18:22 WIB
    Dari Tukang Kompor, Kamadjaya Jadi Bos Gula
    Presiden Direktur PT Gendhis Multi Manis Kamadjaya salah satu pengusaha gula yang mencoba berpikir di luar kebiasaan. Justru hal tersebut yang membawanya sukses.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close