detikfinance

Nasib dan Pesangon 3.400 Karyawan Batavia Air Tunggu Keputusan Kurator

Wahyu Daniel - detikfinance
Rabu, 30/01/2013 21:54 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/01/30/1036/215034_bataviaair.jpg
Jakarta -Maskapai penerbangan lokal PT Metro Batavia (Batavia Air) dijadwalkan berhenti beroperasi malam ini pukul 00.00 WIB setelah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan pailit. Nasib 3.400 karyawannya ternyata masih menunggu arahan kurator pailit.

Hal ini disampaikan Manajer Humas Batavia Air Elly Simanjuntak kepada detikFinance, Rabu (30/1/2013).

"Jadi nasib 3.400 karyawan kami masih menunggu arahan dari kurator. Jadi belum diberhentikan statusnya, karena masih menunggu persetujuan kurator. Soal pesangon juga dan lain-lain juga menunggu arahan kurator. Besok akan kami update statusnya," ujar Elly.

Secara terpisah, Direktur Komersial Batavia Air Sukirno mengatakan, jumlah keseluruhan karyawan Batavia Air kurang lebih 3.500-3.700 karyawan. "Untuk kelanjutannya, tentunya karyawan mengacu kepada undang-undang kepailitan undang-undang perburuhan, dan kurator tentunya sangat paham mengenai hal ini," tegas Sukirno dalam pesan singkat kepada detikFinance.

Dengan diputuskannya pailit, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menunjuk empat kurator. Adapun kurator tersebut antara lain Turman Panggabean, Andra Reinhard Sirait dari Lawfirm Duma & Co, kemudian Permata N Daulay dari Law Firm PN Daulay & Partners dan Alba Sukma Hadi Sukma & Partners.

"Para kurator tetap tersebut akan membantu menanggani segala urusan dan dampak dari penutupan perusahaan Batavia Air. Semua pihak yang berkepentingan diharapkan menunggu arahan dari kurator tersebut," jelas Elly.

Tim kurator yang dipilih oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akan menangani berbagai dampak dari diberhentikannya kegiatan bisnis Batavia Air. Termasuk urusan refund atau endorse tiket para penumpang, cargo, pajak/tax, penyelesaian karyawan Batavia Air, mitra terkait seperti para travel agent, kreditor, dan lain-lain.

"Para penumpang yang sudah memiliki tiket Batavia Air dan belum melakukan penerbangan bisa melapor ke kantor perwakilan Batavia Air setempat untuk melakukan pencatatan proses refund yang akan dibawa ke tim kurator," tuturnya.

Batavia Air didirikan pada tahun 2002 dan berhasil membangun reputasi sebagai maskapai lokal terdepan dengan rekam jejak keselamatan penerbangan yang sangat baik (zero accident).

Mengoperasikan armada terdiri dari 33 pesawat, Batavia Air secara konsisten mampu meraih pasar yang signifikan dengan melayani 42 rute penerbangan domestik dan rute internasional di antaranya, Singapura, Jeddah, Riyadh, Kuching, Dili, Guangzhou, dan Hangzhou.
(dnl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut