detikfinance

Besok, Ribuan Buruh Tumpah Ruah di Bundaran HI

Wiji Nurhayat - detikfinance
Selasa, 05/02/2013 15:38 WIB
//images.detik.com/content/2013/02/05/4/154310_buruhandridlm.jpg
Jakarta -Ribuan buruh berencana melakukan aksi demo di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada 6 Februari 2013, besok. Kali ini Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di bawah koordinator Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggerakkan setidaknya 50 ribu orang buruh.

"Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia(FSPMI) akan mengadakan aksi massa 50 ribu orang se-Jabodetabek pada tanggal 6 Februari 2013 jam 10 di Bundaran HI long march ke Istana Presiden dan dilanjutkan ke DPR," kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya kepada detikFinance, Selasa (5/2/2013).

Adapun tuntutan utama yang akan diteriaki oleh para buruh kali ini yaitu Jamsostum atau jaminan sosial dan tolak upah murah. "Jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014, jalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015 dan upah layak 84 item KHL (Kebutuhan Hidup Layak)," tuturnya.

Ia juga menambahkan, isu-isu yang berkaitan dengan ketenagakerjaan seperti UMP dan lain-lain juga akan diteriakkan. "Juga isu yang dituntut adalah tolak penangguhan upah minimum, tolak komisaris Jamsostek, tolak Inpres Kamnas dan tolak RUU Ormas," imbuhnya.

Said menegaskan, aksinya buruh kali ini akan diikuti juga dengan aksi serupa di berbagai kota besar di Indonesia.

"Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, Aceh yang diikuti ribuan buruh di masing-masing daerah itu," tandasnya.

(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut