detikfinance

Ada Monorel, Siap-siap Harga Tanah di Bekasi Makin Mahal

Zulfi Suhendra - detikfinance
Kamis, 14/02/2013 17:54 WIB
Ada Monorel, Siap-siap Harga Tanah di Bekasi Makin Mahal
Jakarta -Konsorsium BUMN dipimpin PT Adhi Karya Tbk berencana untuk membangun monorel dengan rute Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan. Jika ini terealisasi, maka harga properti atau tanah di wilayah yang dilewati monorel ini bakal terkerek naik.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso di sela acara Debat Terbuka Properti yang diadakan Indonesian Property Watch dan Property Bank, di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (14/2/2013).

"Itu konsekuensi. Kalau infrastruktur di Karawang (misalnya) sama dengan Jakarta, nanti harga tanah di Karawang akan sama dengan Jakarta. Ini kan perbedaan harga itu karena infrastrukturnya nggak lengkap," kata Setyo.

Dia pun menjelaskan, harga tanah yang belum termasuk bangunan di daerah yang rencananya akan dilewati monorel pun otomatis akan terkerek naik. Namun sayang, dia enggan berspekulasi berapa kenaikan harga tanah dan perumahan itu nantinya.

"Saya belum tahu, nanti pasar yang akan menentukan," singkatnya.

Lebih jauh, Setyo mencontohkan, saat ini harga tanah di daerah Jakarta yang termahal ada di daerah Sudirman, Thamrin, dan sekitarnya yang mencapai rata-rata Rp 100 juta/meter persegi.

Bukan tidak mungkin, harga tersebut akan berlaku di daerah-daerah yang akan dilalui jalur monorel tersebut.

"Sudirman, Thamrin, SCBD itu masih yang termahal, Rp 100 juta/m2. Misalnya Simatupang nanti bisa jadi harganya akan sama dengan yang di Thamrin," pungkasnya.

(zul/dnl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Natuna, Daerah Kaya Sumber Daya yang Diincar China Senin, 18/07/2016 12:05 WIB
    Wawancara Tenaga Ahli Kemenko Maritim
    Natuna, Daerah Kaya Sumber Daya yang Diincar China
    Natuna adalah wilayah yang sangat penting. Bukan hanya kaya akan ikan, Natuna juga menyimpan potensi besar di sektor migas dan pariwisata.
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut