detikfinance

Alasan Hary Tanoe Beli Saham Bumi Plc Secara Pribadi

Indra Subagja - detikfinance
Selasa, 19/02/2013 09:55 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/02/19/6/095718_ht.jpeg
Jakarta -Pengusaha nasional Hary Tanoesoedibjo membeli sebagian saham Bumi Plc yang dijual oleh pebisnis nasional Rosan Roeslani. Apa alasan Hary Tanoe masuk ke perusahaan yang saat ini sedang gunjang-ganjing perebutan kekuasaan antara Group Bakrie dengan investor asal Inggris yaitu Nathaniel Rothschild?

Sekretaris Perusahaan MNC Arya Sinulingga mengatakan, Hary Tanoe masuk ke Bumi Plc secara pribadi, tidak melalui MNC. Masuknya Hary Tanoe sebagai pemegang saham Bumi Plc adalah melalui Flaming luck Investment Limited.

"Jadi masuknya lewat Flaming luck Investment Limited sebanyak 3 juta saham. Kenapa investasi (di Bumi Plc)? Karena satu layak untuk investasi, dan kedua membantu penjual yang saat itu mau fund raising," jelas Arya kepada detikFinance, Selasa (19/2/2013).

Seperti diketahui, Rosan menjual 10% kepemilikan sahamnya di Bumi Plc. Aksi tersebut dilakukan jelang pertemuan pemegang saham perusahaan yang tercatat di bursa London, Inggris itu.

Jumlah saham yang dilepaskan Rosan lewat Recapital Group adalah 24.203.452 lembar saham.

Ketiga pembeli saham tersebut adalah Avenue Luexembourg S.A.R.I yang bersedia membeli 13.668.250 saham Bumi Plc. Dua investor lain adalah Argyle Street management Limited yang membeli 7.536.202 saham dan Flaming luck Investment Limited sebanyak 3 juta saham.

Berdasarkan penutupan harga pada akhir pekan lalu, harga penjualan saham Bumi Plc milik Recapital ini ditaksir mencapai US$ 140 juta setara Rp 1,34 triliun (kurs Rp 9.600).

Menurut rumor yang beredar di pasar, Recapital dikabarkan rela menjual sahamnya di Bumi Plc demi menyelamatkan aset nasional dari Rothschild. Memang Bumi Plc ini memegang saham perusahaan batubara milik Group Bakrie yaitu PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Lewat pelepasan saham oleh Recapital ini, maka hak suara (voting rights) Recapital bisa digunakan lagi. Selama ini, hak suara Recapital dikabarkan 'dikebiri' karena berafiliasi dengan pihak Group Bakrie.
(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut