Kenaikan Harga Rumah Bekas & Tanah di Menteng Masih yang Tertinggi

Suhendra - detikfinance
Senin, 25/02/2013 19:27 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/02/25/1016/191856_rumah333.jpg
Jakarta -Kawasan elit Menteng, di Jakarta Pusat belum tergeser sebagai hunian sekunder (rumah bekas) yang mengalami kenaikan harga tanah dan properti tertinggi di Jakarta. Bank Indonesia (BI) memperkirakan triwulan I-2013 ini kenaikan harga properti di kawasan Menteng akan naik 5,5%.

"Berdasarkan wilayah daerah Menteng naik 5,5% dibanding triwulan sebelumnya (q to q) dan wilayah-wilayah lain yang memiliki nilai investasi tinggi seperti Jakarta Barat (4,5%) dan Jakarta Utara (4,5%)," jelas laporan perkiraan harga properti residensial pasar sekunder 2013 yang dirilis BI, Senin (25/2/2013).

Secara keseluruhan, pasar rumah atau hunian bekas di Jakarta pada triwulan ini mengalami kenaikan hingga 4,1%. Kenaikan harga rumah tertinggi terjadi pada rumah tipe besar.

BI menyatakan kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan juga mengalami kenaikan harga karena tetap menjadi alternatif untuk hunian di Jakarta.

"Kenaikan harga tanah untuk rumah sekunder juga tetap akan dipengaruhi oleh perkembangan wilayah serta perkembangan komersial area," jelas laporan BI.

Survei BI pada triwulan IV-2012 juga menunjukkan harga rumah bekas di wilayah Jakarta menunjukan kenaikan sebesar 4,58% dibandingkan triwulan sebelumnya (q to q).

"Peningkatan harga tertinggi pada rumah segmen atas terutama terjadi di kecamatan Menteng sebesar 6,84% dan Kemayoran 5,26%. Sementara itu peningkatan harga tertinggi pada rumah segmen menengah di Kemayoran 4,82% dan Petojo 4,53%," jelas laporan BI.Next

Halaman 12
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut