detikfinance

Tak Mau Dilarang, Truk Tambang di Riau Tetap Pakai Solar Subsidi

Chaidir Anwar Tanjung - detikfinance
Rabu, 27/02/2013 16:26 WIB
//images.detik.com/content/2013/02/27/1034/162728_truksawit.jpg Foto: Dok. detikFinance
Pekanbaru -Dua hari terakhir terjadi antrean pengisian solar subsidi pada sejumlah SPBU di Riau. Ini diakibatkan truk tambang yang menolak mengisi BBM jenis solar non subsidi.

Hal itu disampaikan Asisten Customer Relation Pertamina Marketing and Trading Regional I Sonny Mirath dalam perbincangan dengan detikFinance, Rabu (27/2/2013).

Menurut Sonny, sesuai dengan peraturan pemerintah lewat Menteri ESDM, terhitung September 2012 truk operasional pertambangan harus menggunakan BBM non subsidi. Begitu juga peraturan yang sama pada tahun ini, truk untuk angkutan kehutanan dilarang menggunakan solar non subsidi.

"Jadi kalau di Riau saat ini ada kelangkaan BBM solar, itu akibat truk pertambangan dan kehutanan tidak bersedia mengisi BBM non subsidi," kata Sonny.

Pihak pertamina hanya mengisi kuota sesuai dengan kebutuhan di SPBU. Tidak ada pengurangan ataupun penambahan kuota BBM solar.

"Kelangkaan yang terjadi, bukan karena kita mengurangi kuota tersebut. Melainkan akibat truk perusahaan pertambangan dan kehutanan tidak mematuhi aturan dari Menteri ESDM," kata Sonny.

Menurut Sonny, di Riau saat ini ada 8 titik pengisian BBM solar non subsidi. Tapi dari jumlah tersebut, tidak ada truk pertambangan dan perkayuan yang mau membeli BBM non subsidi tersebut.

"Faktanya, kendaraan pertambangan itu tidak ada yang mau mengisi BBM non subsidi itu," kata Sonny.

Sementara itu, di sejumlah SPBU di Pekanbaru saat ini diserbu truk pertambangan dan kehutanan. Di sejumlah SPBU ada yang terlihat terjadi antrean panjang. Malah ada SPBU yang sudah kehabisan stok BBM solar subsidi tersebut.
(cha/dnl)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Minggu, 21/12/2014 18:22 WIB
    Dari Tukang Kompor, Kamadjaya Jadi Bos Gula
    Presiden Direktur PT Gendhis Multi Manis Kamadjaya salah satu pengusaha gula yang mencoba berpikir di luar kebiasaan. Justru hal tersebut yang membawanya sukses.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close