detikfinance

Produksi Minyak RI Mentok 830 Ribu Barel, Ini Hambatannya

Rista Rama Dhany - detikfinance
Jumat, 01/03/2013 13:22 WIB
//images.detik.com/content/2013/03/01/1034/132415_180113minyak.jpg
Jakarta -Produksi minyak mentah Indonesia saat ini rata-rata mentok di 830.000 barel per hari (bph), sementara target APBN 2013 adalah 900.000 bph. Rendahnya produksi ini karena banyaknya hambatan. Apa saja?

"Ada 3 hambatan utama yang menjadi hambatan produksi minyak saat ini," kata Kepala Divisi Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro saat ditemui di Restoran Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Kata Elan, tiga hambatan utama tersebut antara lain pengadaan rig (alat bor) yang cukup sulit saat ini. "Setidaknya 3 perusahaan minyak seperti CICO, Chevron, dan Premier Oil kesulitan dalam pengadaan rig," ujar Elan.

Hambatan kedua, kata Elan, yakni kondisi cuaca yang buruk. "Ini dialami Chevron daerahnya banjir, Pertamina Hulu Energi, dan WMO," ucap Elan.

Hambatan utama yang ketiga, sulitnya perizinan lahan yang dialami PC Jabung, Seleraya, dan Odira Energy.

"Akibat berbagai hambatan tersebut produksi minyak kita saat ini masih diangka 830.000 barel per hari. Namun produksi minyak saat ini memang bisa hanya di sekitar angka itu, karena saat ini produksi minyak sedang turun-turunnya karena faktor alami sumur minyak, tahun ini adalah tahun terendah dalam sejarah produksi minyak Indonesia," tandas Elan.

(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut