detikfinance

Di Bantar Gebang akan Dibangun Pembangkit Listrik Sampah Terbesar Dunia

Rista Rama Dhany - detikfinance
Jumat, 01/03/2013 17:11 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/03/01/1034/170709_sampah.jpg ilustrasi
Jakarta -Pembangkit listrik Tenaga Sampah (PLTSA) terbesar di Dunia akan dibangun di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat di lokasi PT Godang Tua Jaya. PT Godang Tua Jaya merupakan pengelola Tempat Pembuangan Sampah Terpadu/TPST Bantar Gebang.

"PLTSA ini jika selesai terbangun akan menjadi PLTSA terbesar di dunia, belum ada PLTSA berkapasitas hingga 138 Mega Watt (MW)," kata Direktur Utama PT Godang Tua Jaya, Rekson Sitorus ketika ditemui usai Joint Development Agreement dengan Pertamina, PT Godang Tua Jaya dan Solena untuk rencana proyek PLTSA Bantar Gebang, di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Dikatakan Rekson, saat ini TPST Bantar Gebang sudah memiliki pembangkit PLTSA berkapasitas 12,5 MW. "Saat ini kita sudah punya pembangkit listrik sampah dengan kapasitas 12,5 MW dan didistribusikan ke jaringan listrik PLN sebesar 10 MW. Proyek ini bekerjasama dengan PT NOI dan sudah berjalan selama 4 tahun," katanya.

Menurut Rekson, dalam sehari rata-rata TPST Bantar Gebang menerima sampah dari DKI Jakarta sebanyak 5.300 ton per hari.

"2.000 ton per hari kita manfaatkan sebagai PLTSA, kompos, dan lainnya, 2.000 ton per hari akan dimanfaatkan untuk proyek dengan Pertamina dan Solena, masih ada sekitar 1.500-an ton yang belum termanfaatkan, kita masih menunggu investor yang lain," tukas Rekson.

Sementara itu Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan mengatakan Pertamina saat ini tidak hanya menjadi perusahaan minyak dan gas bumi, tetapi akan menjadi perusahaan energi.

"Maka itu kita tertarik menggarap sampah menjadi energi listrik, kita juga menggarap geothermal untuk listrik dan banyak lagi, jadi kita tidak hanya perusahaan oil and gas saja, tapi perusahaan energi," ucapnya.Next

Halaman 12
(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut