Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Kota Mandiri Baru Maja di Banten

Suhendra - detikfinance
Rabu, 06/03/2013 14:19 WIB
//images.detik.com/content/2013/03/06/1016/141036_martabe.jpg ilustrasi
Jakarta -Sudah lama kabar rencana pembangunan kota mandiri baru Maja di Lebak, Banten bergulir. Pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memastikan proyek kota baru Maja akan tetap dilanjutkan.

Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kementerian Perumahan Rakyat Hazadin Tende Sitepu memastikan proyek kota baru Maja akan tetap dilanjutkan. Namun masih menunggu rencana investor, termasuk BUMN asal China yaitu China Metallurgical Group Corporation (MCC) yang siap menopang dari sisi infrastruktur.

"Pembangunan kota baru Maja akan terus dilanjutkan, saat ini sudah masuk Blue Book Bappenas," katanya kepada detikFinance, Rabu (6/3/2013)

Seperti diketahui proyek kota Maja sudah dicanangkan sejak 1996-1997, ketika era Menteri Perumahan Rakyat Akbar Tandjung. Proyek tersebut sempat terhenti karena krisis ekonomi pada 1998.

Sementara itu Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan, pihaknya selaku pengembang yang disiapkan untuk kawasan kota baru tersebut sudah siap menggarap kota Maja. Namun secara regulasi ada di kementerian perumahan rakyat.

"Proyek Kota Baru Maja tetap jadi, tapi bolanya ada di kemenpera," katanya.

Bagi pemerintah daerah, rencana pembangunan kota baru Maja dikaitkan dengan usulan pemindahan Ibu Kota Negara ke kawasan tersebut. Saat ini Maja merupakan sebuah kecamatan yang luasnya 5.250 hektar menjadi bagian Kabupaten Lebak. Rencana awalnya proyek ini baru akan digarap oleh Perumnas pada mulai tahun 2014, mencakup lahan 11.000 hektar.
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut