detikfinance

Tambang Emas NTB

Satu Ban Truk Tambang Seharga Mobil Avanza

Rista Rama Dhany - detikfinance
Kamis, 07/03/2013 08:28 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/03/07/4/ptba3dalam.jpg Ilustrasi Foto: dok detikFinance
Sumbawa -Bisnis di pertambangan mineral membutuhkan biaya yang tidak sedikit, salah satunya untuk membiayai perawatan kendaraan seperti haul truck atau truk raksasa yang mengangkut bebatuan tambang. Satu ban truk tersebut biayanya setara satu mobil Avanza baru.

"Harga 1 ban haul truck (truk raksasa) itu sama dengan satu mobil Avanza baru, atau Rp 150 juta," ungkap Senior Metalorgis Departemen Proses NNT Sofyan ketika ditemui di lokasi tambang Batu Hijau, Sekoongkang, Sumbawa Barat, NTB, Kamis (7/3/2013).

Kata Sofyan, sementara pemakaian satu ban truk raksasa tersebut maksimal dipakai selama 3 bulan.

"Sementara satu bannya hanya maksimal dipakai selama 3 bulan atau 4.000 jam kerja. Dan setiap unit truk memakai 6 buah ban. Yang jadi masalah ketika kondisi jalan tambang kurang atau banyak batu tajam membuat ban bisa pecah atau hanya terpakai selama 1 bulan saja," ujarnya.

Saat ini kata Sofyan, NNT memiliki 111 unit haul truck yang digunakan untuk mengangkut sekurangnya 500.000 ton per hari.

"Kita punya 111 unit haul truck untuk mengangkut bebatuan ke pabrik pengolahan sebanyak 500.000 ton per hari," tandas Sofyan.


(rrd/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut