detikfinance

Pemblokiran Anggaran 3 Kementerian Rawan Kongkalikong

Maikel Jefriando - detikfinance
Minggu, 10/03/2013 15:22 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2013/03/10/4/152740_rupiah3luar.jpg
Jakarta -Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan pemblokiran anggaran 2013 dari tiga kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) meyebutkan langkah tersebut bertentangan dengan Undang-Undang dan memungkinkan terjadinya negosiasi yang menguntungkan individu.

"Blokir anggaran yang terjadi, karena ini ruang gelap dan itu mekanisme yang diharamkan sesuai UU 17 tahun 2003 tentang keuangan negara," kata Koordinator Advokasi Fitra, Maulana di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Minggu (10/3/2013)

Maulana menyatakan akan terjadi diantara kementerian terkait dengan Kemenkeu dan DPR. Pastinya, menurut Maulana besar kemungkinan ada semacam kongkalikong agar anggaran tersebut cair.

"Negosiasi ini bertujuan agar anggaran segera dicairkan dan blokirnya dicabut. Ketika dalam proses negosiasi terjadi kongkalikong. Sistem ini gampang dimanfaatkan untukk kepentingan individu," jelasnya.

Ia menambahkan, pemblokiran juga menyebabkan penyerapan anggaran rendah. Sebab ada semacam ketakutan dari KL yang bersangkutan untuk mengeluarkan anggaran.

"Mereka pada takut keluarkan anggaran. Apalagi pengadaan barang jasa. Mereka belum punya data pendukung dan tidak ikuti prosedur. Mereka ngeri juga. Sistemnya membuat sangat rumit," paparnya.Next

Halaman 12
(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut