detikfinance

Tips Investasi Reksa Dana Tahun Ini

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Senin, 11/03/2013 07:32 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 5 Next »

1. Reksa Dana Saham

http://us.images.detik.com/content/2013/03/11/479/073432_bei8luar.jpg

Jika dilihat dari tingkat return dan risiko, reksa dana saham memiliki peluang imbal hasil terbesar dari jenis reksa dana lainnya. Trend 2013 ini memang milik reksa dana saham karena masih memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari jenis reksa dana lainnya.

Reza memperkirakan, rata-rata imbal hasil reksa dana saham di tahun ini bisa mencapai angka 20%-30%, bandingkan dengan bunga deposito yang rata-rata hanya memberikan bunga 6% per tahun. Perkiraan return tersebut, kata Reza, dengan asumsi pasar saham di tahun ini masih terus membaik. Dia memprediksi pergerakan IHSG bisa menembus angka 5.000 hingga akhir tahun 2013.

“Return reksa dana saham masih akan baik, tahun lalu saja ada yang 50%, 60%, bahkan 78% per tahun, tapi balik lagi semuanya tergantung pilihan sahamnya dan kemahiran manajer investasi dalam mengelolanya,” cetusnya.

Namun, return tinggi pasti memiliki risiko tinggi. Hal itu berbanding lurus dengan pergerakan harga saham. Jika harga saham naik, maka return reksa dana pun akan mengikuti begitu pun sebaliknya, sementara pergerakan saham, volatilitasnya sangat tinggi.

“Pilihan saham sangat mempengaruhi. Ketika harga saham melonjak, return juga ikut naik, ini berpengaruh terhadap NAB. Manajer investasi (fund manager) harus bisa mengelola dengan baik,” kata Reza.





Next page :


Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut