detikfinance

Airbus Mulai Bangun Pabrik di 'Kandang' Boeing

Wahyu Daniel - detikfinance
Selasa, 09/04/2013 10:10 WIB
//images.detik.com/content/2013/04/09/1036/100455_airbus.jpg
Alabama -Produsen pesawat terbang asal Prancis yakni Airbus mulai membangun pabrik pesawat barunya di Mobile, Alabama pada Senin kemarin. Pembangunan pabrik ini untuk memberpesar pangsa pasar Airbus di AS.

"Pabrik ini mewakili bentuk transformasi Airbus untuk menjadi perusahaan global," ujar Presiden Direktur Airbus Fabrice Bregier saat peresmian konstruksi pabrik tersebut seperti dikutip dari AFP, Selasa (9/4/2013).

"Kami akan memproduksi pesawat di Asia, Amerika, dan di Eropa," tambah Fabrice.

Airbus merupakan saingan terbesar Boeing yang merupakan produsen pesawat asal AS. Untuk pabriknya di Alabama, Airbus berencana untuk merakit pesawat tipa A319, A320, dan A321, dan pabrik di AS ini akan mulai mengantarkan pesawat ke pelanggannya pada 2016.

Tahun lalu, Airbus menargetkan akan memproduksi 40-50 pesawat per tahun pada 2018. Airbus merupakan anak usaha dari European Aeronautic Defence and Space Company (EADS).

Di 2011, Airbus mendapat kontrak pemesanan pesawat senilai US$ 35 miliar dari Pentagon untuk menyediakan pesawat pengisi bahan bakar di udara.

Sebelumnya diberitakan, pabrik di Alabama tersebut bernilai US$ 700 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun.


(dnl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut