detikfinance

Rahasia Korea Utara Mengumpulkan Uang Berdasarkan Data CIA

Wahyu Daniel - detikfinance
Rabu, 10/04/2013 07:37 WIB
Halaman 1 dari 3
http://us.images.detik.com/content/2013/04/10/4/074020_kimjongun.jpg
Jakarta -Saat ini Korea Utara sedang ramai dibicarakan atas ancamannya meluncurkan senjata nuklir ke wilayah Guam, AS. Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana negara berpaham Komunis yang terisolasi ini mengumpulkan uangnya?

Berikut sedikit penjelasan soal sumber pendapatan negara Korea Utara yang dikutip dari CNN, Selasa (10/4/2013).

Menurut CNN mengutip informasi dari CIA, secara keseluruhan, kondisi perekonomian di Korut tidak baik. Ekonomi Korut merupakan satu-satunya ekonomi yang terisolasi dan menghadapi masalah kronis.

"Permodalan industri di Korut harus diperbaiki karena investasi yang rendah, suku cadang yang menua, serta minimnya perawatan. Besarnya kekuatan militer memerlukan pendanaan yang besar juga, namun pendanaan untuk militer ini menggerus kebutuhan investasi dan konsumsi masyarakat," demikian hasil laporan CIA tersebut.

Data-data tersebut menyatakan, OECD mencatat pada 1999 pendapatan per kapita Korut di 2011 adalah US$ 1.800, dengan pertumbuhan ekonomi 0,8%. Namun PBB mempunyai data berbeda, menurut PBB pendapatan per kapita Korut di 2011 adalah US$ 506 dengan pertumbuhan ekonomi -0,1%.

Angka ini memang jauh dibandingkan saudaranya yaitu Korea Selatan yang pada 2011 pendapatan per kapiranya US$ 31.700, dengan pertumbuhan ekonomi 3,6%.

Lalu apa yang menjadi pendapatan utama Korut?Next

Halaman 123
(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut