detikfinance

SBY Gelar Rapat Soal BBM, Apakah Bahas Kenaikan Harga Bensin Subsidi?

Rivki - detikfinance
Kamis, 11/04/2013 12:32 WIB
SBY Gelar Rapat Soal BBM, Apakah Bahas Kenaikan Harga Bensin Subsidi?
Jakarta -Presiden SBY siang ini menggelar rapat internal terbatas membahas soal subsidi BBM di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara. Rapat ini kan menindaklanjuti kebijakan pembatasan BBM bersubdi. Apakah juga dibahas opsi menaikkan harga BBM?

Rapat tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri ESDM Jero Wacik dan Menkeu Agus Martowardojo.

"Ada beberapa agenda yang akan dibahas salah satunya BBM," kata Menteri ESDM Jero Wacik, sebelum rapat di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (11/4/2013).

Dia mengatakan, pembatasan subsidi BBM belum bisa diputuskan karena Presiden SBY khawatir terjadi inflasi. Jika terjadi, maka jumlah rakyat miskin di Indonesia akan bertambah.

"Konsen beliau adalah menjaga kelompok miskin," sambungnya.

Jero Wacik mengatakan, kalau pembatasan subsidi BBM tidak memiliki kepentingan atau nuansa politik. Menurutnya, wacana pembatasan subsidi BBM murni untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami tidak akan menggunakan rencana pembatasan subsidi BBM itu sebagai sarana politik itu rencana untuk memajukan rakyat," ucapnya.

Sementara itu Staf Khusus presiden bidang ekonomi Firmanzah menambahkan bahwa rapat internal hari ini merupakan pematangan dari arahan Presiden SBY di Bali 28 Maret 2013 lalu. Namun ketika ditanya soal opsi kenaikan harga BBM, Firmanzah tak mau menjelaskannya.

"Kita dengerin dulu. Kalau 2005/2008 kita pernah melakukan adjustment (menaikkan/menurunkan) harga memang kompensasi itu dibutuhkan apapun bentuknya," katanya.

Ia menegaskan apapun kebijakan pemerintah soal BBM akan mengedepankan sosialisasi dan komunikasi ke masyarakat. "Sekarang ini kan pemerintah membikin 4 program pro rakyat, raskin, PNPM, beasiswa siswa miskin, dana BOS, ya itu diperlukan," katanya.

(rvk/hen)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut