detikfinance

Gesek Tunai si 'Kartu Sakti'

Tarik Tunai Kartu Kredit via ATM atau Gestun, Lebih Murah Mana Sih?

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Senin, 15/04/2013 14:11 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2013/04/15/5/140711_gestun.jpeg
Jakarta -Tawaran jasa layanan gesek tunai atau biasa disebut gestun semakin diminati. Hal itu disebabkan karena biaya transaksi via gestun yang dilakukan terselubung ini jauh lebih murah dibanding lewat jalur resmi via ATM. Apa benar?

Gestun hanya dikenakan biaya rata-rata sampai 2,5% dari nilai yang ditarik tunai. Sementara gestun via ATM bisa dikenai biaya hingga 2,95% setiap transaksi dan belum termasuk biaya administrasi yang cukup besar.

William, penyedia jasa layanan gestun terselubung mengaku, untuk sekali transaki gestun ini, nasabah dikenai biaya sebesar 2,3% bahkan, jauh lebih murah dari biaya transaksi lewat ATM atau bank langsung yang bisa mencapai 4% ketika dahulu. Saat ini bank sudah dipatok 2,95% memang oleh BI untuk bunga kartu kredit terbesar.

"Biaya admin atau fee 2,3 persen, visa atau master untuk semua jenis kartu kredit. Gestun ini Banyak yang pakai," katanya saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Senin (15/4/2013).

Di tempat terpisah, Daniel yang juga penyedia jasa layanan gestun ini mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, nasabah lebih banyak menggunakan jasa gestun ini karena memang biayanya lebih murah.

"Orang mikirnya daripada lewat ATM lebih mahal bunganya 4% mending lewat gestun saja lebih murah cuma 2,5%," kata Daniel, saat disambangi detikFinance, di salah satu mal di kawasan Kelapa Gading.

Dia mengaku, untuk sekali transaksi, nasabah dikenakan biaya gesek tunai sebesar 2,5% untuk setiap jenis kartu kredit. Itu lebih tinggi dari transaki menggunakan ATM langsung. Next

Halaman 12
(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.
  • Gb Senin, 21/07/2014 20:59 WIB
    Pilih Tak Mudik, CT: Saya Tak Punya Kampung
    Bagi para perantau, kegiatan mudik Lebaran sudah menjadi tradisi setiap tahun. Namun bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, kegiatan mudik tak berlaku.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut