detikfinance

Sampoerna Buka Lowongan 4.500 Karyawan untuk Pabrik Baru Jember

Angga Aliya - detikfinance
Kamis, 18/04/2013 16:46 WIB
//images.detik.com/content/2013/04/18/1036/sampoerna.jpg Foto: Dok HM Sampoerna
Jakarta -PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) meresmikan pabrik sigaret kretek tangan di Jember, Jawa Timur. Pabrik tersebut diharapkan akan menyerap sekitar 4.500 tenaga kerja setempat dan berperan sebagai salah satu aspek pendorong pembangunan ekonomi di Jember.

Perseroan mengumumkan hal tersebut dalam acara paparan publik kinerja tahun 2012 yang digelar di Surabaya, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (18/4/2013).

“Pabrik baru ini akan memperkuat tradisi SKT Sampoerna yang dimulai sejak tahun 1913. Pabrik tersebut diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan, serta memiliki efek berantai yang kuat untuk pengembangan ekonomi di wilayah tersebut,” Presiden Direktur Sampoerna Paul Janelle.

“Tahun 2013 ini adalah tahun perayaan ke-100 Sampoerna, di mana kami bangga akan kontribusi yang berkelanjutan untuk Indonesia dan kami tetap memegang komitmen untuk mencapai keunggulan dalam semua aspek bisnis kami,” tambah Paul.

Dari sisi bisnis, Direktur Keuangan HMSP, Mark Niehaus, menyampaikan kinerja keuangan Sampoerna untuk tahun keuangan 2012, di antaranya Sampoerna membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 38,3 triliun (tidak termasuk cukai) dan laba bersih sebesar Rp 9,9 triliun, atau Rp 2,269 per lembar saham.

Seluruh laba ini sudah disepakati untuk dibagikan kepada pemegang saham berupa dividen. Jadi, perseroan tidak menyisihkan laba ditahan.

Di tahun 2012, Sampoerna kembali memimpin pasar industri rokok dengan pangsa pasar sebesar 35,6%, hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan kelompok merek Sampoerna A dan U Mild dalam segmen Sigaret Kretek Mesin Low Tar Low Nicotine (SKM LTLN).

Pada segmen SKT terjadi peningkatan volume penjualan sebesar 10% oleh merek Dji Sam Soe dan kelompok merek Sampoerna Kretek.

Sampoerna adalah salah satu penyumbang terbesar pendapatan negara melalui cukai produk tembakau. Selama lima tahun terakhir, kontribusi dalam pembayaran cukai produk tembakau oleh Sampoerna meningkat hampir dua kali lipat dan di tahun 2012 tercatat lebih dari 30,6% dari total pendapatan domestik cukai produk tembakau.
(ang/hen)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Minggu, 21/12/2014 18:22 WIB
    Dari Tukang Kompor, Kamadjaya Jadi Bos Gula
    Presiden Direktur PT Gendhis Multi Manis Kamadjaya salah satu pengusaha gula yang mencoba berpikir di luar kebiasaan. Justru hal tersebut yang membawanya sukses.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close